Kompas.com - 20/08/2016, 09:00 WIB
Presiden Jokowi memberikan arahan saat kunjungan kerja ke Kabupaten Nias, Sumatera Utara, Jumat (19/8). (Foto: Humas/Anggun) setkab.go.idPresiden Jokowi memberikan arahan saat kunjungan kerja ke Kabupaten Nias, Sumatera Utara, Jumat (19/8). (Foto: Humas/Anggun)
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

BALIGE, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Widodo dijadwalkan hadir di Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara pada Minggu (21/8/2016) dimulai pukul 15.00 WIB. Hal itu dikonfirmasi oleh Koordinator Bidang Acara Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba, Jay Wijayanto.

"Pak Jokowi nonton karnaval. Beliau masih nonton 500 meter sebelum finish. Posisi Jokowi di tengah di karnaval," kata Jay kepada KompasTravel seusai jumpa pers di Karnaval Kemerdekaan Kelurahan Tiga Raja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Jumat (19/8/2016) malam.

Menurut jadwal kegiatan Jokowi yang diterima KompasTravel, Jokowi akan turun dari mobil pada pukul 15.00 WIB di titik awal karnaval tepatnya di Soporung, Balige. Jokowi akan menuju ke arah panggung dengan didahului orang Monsak Toba - Simalungun dan Tor-Tor Tujuh Bidadari. Presiden duduk di kursi di panggung pelepasan.

Presiden juga akan menyanyikan lagu Indonesia Raya sekitar pukul 15.24 WIB. Selanjutnya, Jokowi akan memberikan ban lengan kepada sepasang Marshal Pasukan Semut yang dipilih dari sepasang anak SMP berprestasi.

Sekitar pukul 15.27 WIB, Jokowi akan melepas rombongan karnaval. Pelepasan rombongan karnaval ditandai dengan dengan pemukulan Gondang Telu sebanyak 7 kali oleh Jokowi.

Presiden Jokowi juga akan mengikuti karnaval dengan naik mobil hias karya perancang Yugo Mudayadi. Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Widodo akan menaiki mobil hias yang berbentuk wadah obat puyer yang sudah langka.

Seperti dikutip dariTribunnews.com, Jay mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi akan mengenakan ulos Ragidup Sirara sementara Ibu Negara Iriana mengenakan ulos bermotif Tum-Tum yang dipersiapkan oleh perancang mode Edward Hutabarat.

Informasi yang dihimpun KompasTravel, Ulos Ragidup Sirara adalah turunan dari Ulos Ragidup dengan dominasi warna gelap. Sedangkan Ulos Ragidup Sirara ditandai dengan warna merah yang menonjol.

KOMPAS.com/Mei Leandha Aneka jenis ulos yang ada di Galery Sianipar
Motif Ulos Ragidup memiliki garis-garis di bagian tengah yang mengantarai dua bidang putih di kedua ujungnya. Kedua pinggiran itu menyerupai pinggiran Ulos Ragihotang, yang khusus diperuntukkan bagi pria.

Ragidup berasal dari kata ragi dan idup yang bermakna corak yang hidup. Ulos ini diperuntukkan bagi kaum bapak atau bagi pribadi yang terhormat atau para raja.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.