Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3.500 Peserta Akan Ramaikan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba

Kompas.com - 20/08/2016, 13:04 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

BALIGE, KOMPAS.com - Lebih dari 3.500 peserta akan meramaikan "Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba" di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara pada Minggu (21/8/2016). Peserta karnaval yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia dari Aceh hingga Papua akan menampilkan berbagai kesenian.

“Sampai hari ini sudah mendaftar 3.500 dengan KTP. Ini dinamis sekali terutama dari provinsi. Per hari ini yang resmi mendaftarkan ke kami dan memberikan jadwal penerbangan mereka ada 19 provinsi,” jelas Koordinator Bidang Karnaval di acara “Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba”, Jay Wijayanto saat jumpa pers di Tiga Raja, Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Jumat (19/8/2016) malam.

Ia mengatakan, 3.500 peserta tersebut akan berjalan sepanjang 3,5 kilometer dari titik start hingga titik akhir. Adapun titik start karnaval akan dimulai di Soposurung menuju Simpang Sibulele di Balige.

“Jumlah itu di luar keamanan, di luar penonton. Karnavalnya hanya satu di darat saja. Yang akan ditampilkan adalah parade tari, musik, dan pakaian adat. Selain itu tujuh kabupaten di sekitar Danau Toba juga akan ikut,” tambahnya.

Dari siaran pers Kementerian Pariwisata yang diterima KompasTravel, salah satu keunikan karnaval ini, akan ada Tari Penyambutan Tortor Somba yang dipersembahkan Yayasan Pusuk Bukit. Di festival ini, Monsak akan dipersembahkan Yayasan Pusuk Bukit dengan koordinator Sorimangaraja.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Jumpa Pers Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Jumat (18/8/2016) malam.
Monsak adalah sebutan Batak Toba untuk pencak silat atau seni bela diri khas Toba yang akan diiringi repertoar tetabuhan musik gondang. Ulubalang dari Perguruan Naga Sakti, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Karo, dan Kabupaten Pakpak Bharat juga bakal ikut meramaikan karnaval.

Dari daftar peserta yang KompasTravel terima, provinsi yang mengikuti karnaval adalah Aceh, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua, Papua Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Beragam acara akan berlangsung dari tanggal 20-21 Agustus 2016 seperti karnaval budaya, parade perahu hias, pertunjukan konser musik, pesona tarian kontemporer, penampilan opera Batak, dan kuliner rakyat.

Tahun 2015 perayaan HUT RI dipusatkan di Pontianak, Kalimantan Barat yang dimeriahkan dengan Karnaval Khatulistiwa. Dalam Karnaval Khatulistiwa, lebih dari 4.000 peserta dari 24 provinsi serta dari Malaysia dan Brunei pawai dari rumah betang, rumah khas suku Dayak, menuju Sungai Kapuas. Pawai pun dilaksanakan di Sungai Kapuas dengan 300 kapal hias.

Saat ini Danau Toba sedang bergiat memenuhi target 11,4 juta wisatawan pada tahun 2016. Berbagai acara pariwisata gencar dilakukan seperti Toba Ultra Marathon hingga International Jazz Samosir.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com