Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Akan Nonton Konser Slank di Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba

Kompas.com - 20/08/2016, 15:07 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menonton konser musik Slank dalam kegiatan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Pantai Bebas Parapat, Simalungun, Sumatera Utara, Sabtu (20/8/2016) malam. Hal itu dikonfirmasi oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

"(Jokowi) Nanti malam nonton Slank sampai akhir," kata Arief kepada KompasTravel seusai jumpa pers di Karnaval Kemerdekaan Kelurahan Tiga Raja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Sabtu (20/8/2016) pagi.

Ia mengatakan, Presiden Jokowi akan menonton konser musik Slank sekitar pukul 20.00 WIB hingga akhir acara. Adapun konser musik akan digelar di atas panggung terapung yang ada di Pantai Bebas Parapat, Simalungun. 

Dari informasi jadwal yang diterima KompasTravel, panggung di atas air ini akan dimeriahkan pertunjukan musik dari band Slank, kolaborasi antara Edo Kondologit, Dewa Budjana dan Tohpati. Kemudian dilanjutkan dengan Oppie Andaresta, JFlow, dan Sammy Simorangkir.

Slank sendiri akan berkolaborasi dengan Oppie Andaresta dan J-Flow. Rencananya, Slank akan tampil selama 1,5 jam pada konser tersebut.

Selain menonton konser musik Slank, menurut jadwal kegiatan Jokowi yang diterima KompasTravel, Jokowi juga akan mengikuti acara karnaval yang akan dimulai di Soposurung hingga Simpang Sibulele di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Jokowi akan turun dari mobil pada pukul 15.00 WIB di titik awal karnaval tepatnya di Soporung, Balige. Jokowi akan menuju ke arah panggung dengan didahului orang Monsak Toba - Simalungun dan Tor-Tor Tujuh Bidadari. Presiden duduk di kursi di panggung pelepasan.

Presiden juga akan menyanyikan lagu Indonesia Raya sekitar pukul 15.24 WIB. Selanjutnya, Jokowi akan memberikan ban lengan kepada sepasang Marshal Pasukan Semut yang dipilih dari sepasang anak SMP berprestasi.

Sekitar pukul 15.27 WIB, Jokowi akan melepas rombongan karnaval. Pelepasan rombongan karnaval ditandai dengan dengan pemukulan Gondang Telu sebanyak 7 kali oleh Jokowi.

Presiden Jokowi juga akan mengikuti karnaval dengan naik mobil hias karya perancang Yugo Mudayadi. Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Widodo akan menaiki mobil hias yang berbentuk wadah obat puyer yang sudah langka.

Acara Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba akan dipusatkan di dua kabupaten di Sumatera Utara yakni Simalungun dan Toba Samosir.

Beragam acara akan berlangsung dari tanggal 20-21 Agustus 2016 seperti karnaval budaya, parade perahu hias, pertunjukan konser musik, pesona tarian kontemporer, penampilan opera Batak, dan kuliner rakyat. Lebih dari 3.500 peserta akan berpartisipasi di Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com