Kompas.com - 20/08/2016, 15:07 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menonton konser musik Slank dalam kegiatan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Pantai Bebas Parapat, Simalungun, Sumatera Utara, Sabtu (20/8/2016) malam. Hal itu dikonfirmasi oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

"(Jokowi) Nanti malam nonton Slank sampai akhir," kata Arief kepada KompasTravel seusai jumpa pers di Karnaval Kemerdekaan Kelurahan Tiga Raja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Sabtu (20/8/2016) pagi.

Ia mengatakan, Presiden Jokowi akan menonton konser musik Slank sekitar pukul 20.00 WIB hingga akhir acara. Adapun konser musik akan digelar di atas panggung terapung yang ada di Pantai Bebas Parapat, Simalungun. 

Dari informasi jadwal yang diterima KompasTravel, panggung di atas air ini akan dimeriahkan pertunjukan musik dari band Slank, kolaborasi antara Edo Kondologit, Dewa Budjana dan Tohpati. Kemudian dilanjutkan dengan Oppie Andaresta, JFlow, dan Sammy Simorangkir.

Slank sendiri akan berkolaborasi dengan Oppie Andaresta dan J-Flow. Rencananya, Slank akan tampil selama 1,5 jam pada konser tersebut.

Selain menonton konser musik Slank, menurut jadwal kegiatan Jokowi yang diterima KompasTravel, Jokowi juga akan mengikuti acara karnaval yang akan dimulai di Soposurung hingga Simpang Sibulele di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Jokowi akan turun dari mobil pada pukul 15.00 WIB di titik awal karnaval tepatnya di Soporung, Balige. Jokowi akan menuju ke arah panggung dengan didahului orang Monsak Toba - Simalungun dan Tor-Tor Tujuh Bidadari. Presiden duduk di kursi di panggung pelepasan.

Presiden juga akan menyanyikan lagu Indonesia Raya sekitar pukul 15.24 WIB. Selanjutnya, Jokowi akan memberikan ban lengan kepada sepasang Marshal Pasukan Semut yang dipilih dari sepasang anak SMP berprestasi.

Sekitar pukul 15.27 WIB, Jokowi akan melepas rombongan karnaval. Pelepasan rombongan karnaval ditandai dengan dengan pemukulan Gondang Telu sebanyak 7 kali oleh Jokowi.

Presiden Jokowi juga akan mengikuti karnaval dengan naik mobil hias karya perancang Yugo Mudayadi. Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Widodo akan menaiki mobil hias yang berbentuk wadah obat puyer yang sudah langka.

Acara Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba akan dipusatkan di dua kabupaten di Sumatera Utara yakni Simalungun dan Toba Samosir.

Beragam acara akan berlangsung dari tanggal 20-21 Agustus 2016 seperti karnaval budaya, parade perahu hias, pertunjukan konser musik, pesona tarian kontemporer, penampilan opera Batak, dan kuliner rakyat. Lebih dari 3.500 peserta akan berpartisipasi di Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.