Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Restoran Ikonik Surabaya Hadir di Festival Kuliner Serpong

Kompas.com - 21/08/2016, 16:10 WIB
Yosia Margaretta

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Festival Kuliner Serpong (FKS) tengah berlangsung di area parkir selatan Summarecon Mall Serpong. Beberapa booth makanan yang hadir pada festival kuliner ini dibawa langsung dari Jawa Timur.

Salah satunya adalah Depot Tambak Bayan, yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga warga Surabaya. Tempat makan ini merupakan salah satu primadona wisata kuliner khas Jawa Timur, khususnya Surabaya. Melihat minat masyarakat yang tinggi akan kuliner tersebut, Depot Tambak Bayan membuka cabangnya di Jakarta.

"Dulu waktu belum ada di Jakarta, ada orang Surabaya yang tinggal di Jakarta, setiap ke Surabaya pasti banyak bungkus makanan," ujar Sunardi, salah satu pegawai Depot Tambak Bayan saat ditemui KompasTravel.

Depot Tambak Bayan memiliki cabang di Surabaya. Di Jakarta, mereka membuka cabang di Pantai Indah Kapuk dan Kelapa Gading. Untuk selalu menjaga kualitas, restoran ini selalu mengirimkan makanan langsung dari Surabaya tiga kali dalam seminggu.

YOSIAMARGARETTA/KOMPAS.COM Festival kali ini mengusung tema masakan khas jawa timur. Anda akan disuguhkan makanan yang menjadi primadona di Jawa Timur.

"Resep tetap dari pemilik dan dimasaknya di Surabaya. Sampai Jakarta tinggal dipanaskan saja" ujar Sunardi yang juga "diterbangkan" langsung dari Surabaya.

Depot Tambak Bayan terkenal akan Nasi Campur yang disukai banyak orang. Ada Nasi Campur Ayam, Nasi Campur Empal dan Nasi Campur biasa. Pada dasarnya rumah makan ini menempatkan Nasi Campur dengan isi tahu gulai, semur telur, daging sapi, dan soun. Untuk variasi lainnya, Anda bisa menambahkan ayam atau empal.

YOSIAMARGARETTA/KOMPAS.COM Festival kali ini mengusung tema masakan khas jawa timur. Anda akan disuguhkan makanan yang menjadi primadona di Jawa Timur.

Saat KompasTravel mencicipi Nasi Campur ala Depot Tambak Bayan ini, rasanya cukup seimbang antara pedas dan manis. Rasa pedas dari tahu diseimbangi dengan semur yang gurih dan soun yang manis. Rasa manis yang dihasilkan soun berasal dari kecap yang melimpah, sehingga warna soun begitu cokelat pekat. Namun apabila Anda tidak begitu menyukai pedas, Anda bisa meminta tahu yang dimasak gulai.

Selain Nasi Campur yang banyak diburu pembeli, Depot Tambak Bayan juga memiliki beberapa hidangan lainnya. Nasi Rawon dan Nasi Empal adalah dua di antaranta. Satu porsi Nasi Campur dibanderol seharga Rp 41.000 sedangkan untuk Nasi Rawon Rp 36.000. Empal, daging sapi yang telah diolah ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 28.000 belum termasuk nasi.

Depot Tambak Bayan hadir di FKS 2016 bersama dengan tenant lainnya yang menyajikan masakan khas Jawa Timur. Acara ini berlangsung selama satu bulan, dari 12 Agustus-12 September 2016. FKS buka setiap Senin-Kamis pukul 16.00-22.00 WIB, sedangkan Jumat pukul 14.00-23.00 WIB. Untuk Sabtu-Minggu dan hari libur nasional, FKS buka mulai pukul 11.00-23.00 WIB.

FKS 2016 diselenggarakan di area parkir selatan Summarecon Mall Serpong. Pada festival kuliner ini Anda harus bertransaksi dengan kartu khusus FKS yang dapat Anda beli di tempat. Tidak ada minimal saldo untuk pembelian kartu. Jangan kuatir apabila kartu Anda masih terdapat sisa saldo, karena Anda bisa menukarkannya dengan uang tunai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com