Kompas.com - 22/08/2016, 12:08 WIB
Wisatawan menikmati matahari terbit dari kawah I Gunung Batur di Kecamatan Kintamani, Bangli, Bali beberapa waktu lalu. KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT Wisatawan menikmati matahari terbit dari kawah I Gunung Batur di Kecamatan Kintamani, Bangli, Bali beberapa waktu lalu.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

BANGLI, KOMPAS.com - Kintamani berada di Kabupaten Bangli, Bali yang jaraknya sekitar 60 kilometer dari Kota Denpasar dengan waktu tempuh 1,5 - 2 jam. Ada destinasi wisata apa saja di Kintamani?

1. Penelokan

Penelokan terletak di dataran tinggi di Desa Batur, Kabupaten Kintamani, Bali. Lokasinya di pinggir jalan yang cukup strategis untuk dapat melihat keindahan Gunung Batur maupun Danau Batur yang terlihat jauh di kaki gunung dan bukit.

Jika pagi hari, Kawasan Penelokan dibanjiri pasar tumpah yang berada di pinggir jalan. Pedagang menjual kebutuhan pokok dan sederetan stan baju bekas. Namun pada siang hingga sore hari, jalan bersih dari pedagang karena banyak wisatawan datang dan menikmati indahnya Penelokan pada sore hari. Apalagi di pinggir jalan disediakan tempat duduk yang nyaman bagi wisatawan.

"Kalau pagi banyak pedagang. Kalau sore baru bersih dan menikmati indahnya bukit Kintamani, jadi ingat lagunya Ebiet G Ade," kata Adi, wisatawan asal Lombok, Batur, Kintamani, Bangli, Bali, Minggu (21/8/2016).

2. Museum Geopark

Museum ini memang sudah lama ada yaitu saat Jero Wacik menjadi Menteri ESDM di era Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Namun Museum Geopark diresmikan oleh Menteri ESDM Sudirman Said pada Jumat (1/4/2016) lalu.

Museum ini kini menjadi daya tarik wisatawan. Lokasinya berada di Jalan Raya Penelokan, Desa Batur, Kintamani, Bangli yang tak jauh dari posisi titik panorama Penelokan.

3. Naik Gunung Batur

Wisatawan baik asing maupun dalam negeri cukup banyak yang datang ke Kintamani untuk melakukan pendakian dan melakukan perjalanan untuk mencari posisi tinggi untuk melihat matahari terbit dari puncak. Beberapa jalur disediakan bagi yang ingin trekking.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X