Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uniknya Pemakaman Trunyan, Jenazah Hanya Diletakkan di Atas Tanah

Kompas.com - 22/08/2016, 14:23 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

BANGLI, KOMPAS.com - Pemakaman Trunyan yang berusia ratusan tahun, semakin menjadi daya tarik wisatawan. Keunikannya adalah di Pemakaman Trunyan tidak ada penguburan jenazah. Jenazah dibiarkan dalam posisi terbuka yang hanya dibalut dengan kain saja. Lokasinya berada di Desa Trunyan, Kintamani, Bangli, Bali.

Bagaimana transportasi dan suasana di pemakaman Trunyan? Untuk menuju Pemakaman Trunyan harus melewati Danau Batur menggunakan perahu motor dengan waktu 10-15 menit. Biaya penyeberangan, satu perahu motor bertarif sekitar Rp 1.250.000 (pulang pergi) yang bisa ditumpangi hanya 7 penumpang ditambah 2 awak perahu motor.

Penyewaan bisa didapatkan di beberapa dermaga di Danau Batur yang sudah dilengkapi dengan arah atau petunjuk di beberapa titik jalan. Ketika perahu motor sampai di lokasi Pemakaman Trunyan, kemudian naik ke daratan langsung di pintu gerbang kuburan.

Di pintu gerbang sudah disambut oleh pengurus kuburan dari desa adat Trunyan yang setiap harinya mengurus kedatangan dan panduan bagi wisatawan yang datang. Seperti yang dilakukan oleh Wayan Kedip, dengan ramah memberikan keterangan terkait Pemakaman Trunyan.

Seperti yang diceritakan Wayan Kedip bahwa hanya ada 11 kuburan. Jumlah ini memang sudah menjadi ketentuan secara turun temurun yang diwariskan oleh leluhurnya.

"Kuburannya hanya 11 kuburan saja. Bisa dilihat wajahnya tidak ditutupi. Silahkan, tidak apa-apa," kata Wayan Kedip, Truyan, Kintamani, Bangli, Bali, Minggu (21/8/2016).

Bagaimana jika ada warga sudah tua, sakit kemudian meninggal wajar dan harus diletakkan di pemakaman tanpa dikubur? Ternyata, tetap tidak akan menambah jumlah kuburan karena sudah ketentuan leluhur, tetapi dengan cara menggusur tempat jenazah orang lain yang lebih dulu diletakkan.

Siapa yang paling awal diletakkan di antara 11 jenazah tersebut, jenazah itulah yang akan dikeluarkan dari pekarangan kuburan. Tulang-tulangnya kemudian diletakkan di sekitar kuburan, begitu pun barang-barang bawaan seperti perabot dan busana pemberian keluarganya.

KOMPAS.com/SRI LESTARI Wayan Kedip saat memandu wisatawan yang berkunjung.
"Kalau ada yang meninggal wajar, ya kuburan yang lebih lama itu yang digeser. Tulang-tukangnya ya ditaruh di situ saja. Sekali pun jenazahnya masih ada dagingnya, ya harus bergilir," tambah Kedip.

Di sekitar kuburan berserakan tulang-tulangnya yang dikeluarkan dari pekarangan pemakaman karena ada jenazah lain yang secara bergiliran menempati. Selain tulang-tulangnya, ada puluhan tengkorak jenazah yang usianya sudah tua.

Tengkorak disusun rapi yang tak jauh dari 11 kuburan tersebut, tepatnya di bawah pohon Taru Menyan. Apakah Pohon Taru Menyan itu? Taru adalah pohon dan Menyan adalah kemenyan yang dikenal harum atau wangi.

Jadi Taru Menyan adalah pohon yang beraroma wangi sehingga bisa mengusir bau tak sedap dari proses pembusukan jenazah yang tidak dikubur. Apalagi cerita rakyat zaman dulu, Kawasan Truyan ini mengeluarkan aroma harum karena adanya pohon Taru Menyan.

Wayan Kedip menyampaikan bahwa di Desa Truyan ada tiga pemakaman. Pertama adalah Pemakaman Truyan tanpa ditanam (dikubur), diperuntukkan bagi yang meninggal dengan usia tua dan atau sakit. Kedua adalah pemakaman bagi warga yang mengalami kecelakaan, jenazah harus ditanam.

Ketiga adalah pemakaman anak-anak, jenazahnya dikubur. Lokasi ketiga kuburan ini berjauhan. Di sekitar Kuburan Truyan terdapat Pura Dalem yang terletak di pinggir danau yang sering dikunjungi untuk melakukan persembahyangan. Pura ini juga menjadi salah satu obyek wisata ketika wisatawan berkunjung di Kuburan Truyan karena lokasinya bersebelahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com