Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan Bisa Periksa Mata hingga Osteoporosis Gratis di Museum Tubuh

Kompas.com - 26/08/2016, 06:04 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Selain mengajak wisatawan untuk mengenal lebih detil soal organ tubuh manusia, pengelola Museum Tubuh, di Kota Batu, Jawa Timur juga menyediakan alat untuk memeriksa kondisi tubuh. Hal itu untuk melengkapi fasilitas yang ada di museum tersebut.

"Jadi ini untuk melengkapi museum tubuh sebagai wisata edukasi di bidang kesehatan," kata Humas Museum Tubuh, Tatar Sarwono kepada KompasTravel, Senin (22/8/2016).

Tatar menjelaskan wisatawan bisa memeriksa berbagai penyakit yang ada di dalam tubuh. Mulai dari lemak tubuh, asam urat, osteoporosis dan gula darah. Selain itu wisatawan juga bisa periksa mata dan golongan darah.

"Dan ini sudah free tidak dipungut biaya. Hasilnya pun bisa langsung didapat," jelasnya.

Fasilitas pemeriksaan kondisi tubuh itu bisa didapati wisatawan di lantai 6 pada zona pemeriksaan. Biasanya, wisatawan akan diarahkan menuju zona pemeriksaan setelah melewati zona lambung dan usus.

Kontributor Malang, Andi Hartik Seorang wisatawan saat periksa mata di zona pemeriksaan Museum Tubuh, Kota Batu, Jawa Timur, Senin (22/8/2016)
"Zona pemeriksaan ini sudah ada sejak Museum Tubuh buka pada Desember 2014, dengan tenaga medis yang berpengalaman," ungkapnya.

Sekedar diketahui, di Museum Tubuh terdapat 16 zona yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Di antaranya zona gigi, telinga, hidung, otak dan zona mata. Kemudian ada zona aktivitas satu, zona pembuluh darah, jantung, paru-paru dan zona hati. Selain itu juga ada zona lambung, usus batu ke zona pemeriksaan.

Setelah itu ada zona aktivitas reproduksi, zona bioskop tiga dimensi, zona tulang sendi dan yang terkahir zona cadaver yang memperlihatkan mayat manusia yang diawetkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com