Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata ke Buton, Jangan Lupa Makan Sop Konro di RM Wangi-Wangi

Kompas.com - 26/08/2016, 15:34 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

BUTON, KOMPAS.com - Apabila Anda mampir ke kabupaten penghasil aspal, Buton jangan lupa untuk mampir ke sebuah rumah makan bernama Wangi-Wangi. Rumah makan ini terletak di Jalan Protokol, Pasarwajo Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Tak ada patokan karena kanan, kiri, dan seberang RM Wangi-Wangi masih tanah kosong alias tak bertetangga.

Dari Lapangan Takawa, Pasarwajo, Anda perlu berkendara sekitar 10 menit di jalan protokol menuju Bau-Bau. Bukan hanya terletak di daerah tepencil, rumah makan ini unik karena bentuknya seperti rumah tinggal. 

"Assalamualaikum," kata rekan pers saat mampir ke rumah makan Wangi-Wangi di malam hari. "Saya kira ini rumah orang," katanya.

Memang tak heran, sebab interior RM Wangi-Wangi memang lebih mirip rumah tinggal dibanding rumah makan. Ada ruang tamu dan kamar yang diberi kursi plastik dan meja makan.

Meski dari segi lokasi dan bentuk bangunan membuat rancu konsumen yang baru pertama kali berkunjung, tetapi jangan ragu memesan makanan di RM Wangi-Wangi. KompasTravel saat berkunjung ke RM Wangi-Wangi usai perhelatan Festival Budaya Tua Buton, Rabu (24/8/2016), memesan hindangan sop konro.

Sop konro adalah makanan khas dari Sulawesi Selatan yang menggunakan bahan iga sapi serta beragam bumbu dan rempah khas Indonesia. Keluwak membuat sup konro tampak bewarna hitam. Di RM Wangi-Wangi sop konro memiliki daging iga sapi yang sangat empuk dan menyerap sempurna dengan bumbu serta rempah kuah. Tanda jika iga sapi ini diolah dalam waktu yang lama.

Tak hanya sotulu, kemudian dimasukan ke dalam kuah parende berkaldu ayam. Pemilik rumah makan Wangi-Wangi, Zahraeni, merekomendasikan parende ikan kepada para pengujung.

Benar saja, rekomendasi Zahraeni memang tak meleset. Parende ikannya lezat dengan cita rasa asam segar tanpa ada bau amis sama sekali. KompasTravel juga sempat mencicipi parende ayam, dengan kuah yang terasa sekali kaldu ayamnya. Selain menu-menu tersebut, masih ada menu coto, sop kikil, ayam goreng, dan ayam bakar di RM Wangi-Wangi

Kelezatan rumah makan Wangi-Wangi ini dibuktikan dengan ramainya pengunjung yang memesan makan malam. Rasa memang mengalahkan lokasi yang entah berantah dan bangunan sederhana RM Wangi-Wangi. Harga seporsi makanan di RM Wangi-Wangi dibanderol Rp 30.000 untuk lauk sapi dan ikan, kecuali lauk ayam dihargai Rp 35.000. Sedangkan nasi putih harganya Rp 10.000. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com