Kompas.com - 27/08/2016, 12:41 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

LANGIT biru di atas gunung Poco Ndeki, Jumat (19/8/2016) terasa berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Cuaca yang bersahabat pada Agustus memberikan kegembiraan kepada para nelayan di Kota Borong, ibu kota Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur. Arus gelombang air laut di Pantai Selatan di sekitar Dermaga Borong sangat mendukung terhadap atraksi-atraksi budaya di atas laut yang dipentaskan oleh nelayan.

Saat itu juga para nelayan masih gegap gempita merayakan HUT ke-71 RI. Memasuki Agustus setiap tahun, para nelayan mempersiapkan diri untuk mengadakan perlombaan-perlombaan untuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada Agustus ini beragam kegiatan yang menghibur rakyat, baik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur maupun warga masyarakat yang tersebar di kampung-kampung. Tak terkecuali dengan warga nelayan di Kota Borong dan sekitarnya.

Mereka menyelenggarakan perlombaan di laut di sekitar Dermaga Borong, di Kelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong, Manggarai Timur. Warga nelayan Kota Borong bersama dengan Pemerintah Kecamatan Borong menggelar atraksi di laut.

KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Parade perahu oleh nelayan di Kota Borong untuk memeriahkan HUT ke-71 RI sekaligus mempromosikan pariwisata bahari di sekitar Dermaga Borong, Kelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong, Manggarai Timur, Flores, NTT, Jumat (19/8/2016)
Atraksi itu seperti parade perahu nelayan dengan berbagai variasi yang yang ditempelkan di badan perahu dengan bendera Merah Putih. Di laut, Merah Putih berkibar dan di darat juga berkibar. Selain itu, diselenggarakan lomba perahu dayung, lomba perahu layar serta lomba renang di laut.

Sabtu (20/8/2016), ribuan warga masyarakat di Kota Borong dan dari luar yang haus akan hiburan memadati dermaga Borong. Mereka membawa serta anak-anak dan kerabat serta sanak saudara untuk menyaksikan atraksi di laut Borong.

Selain itu, mereka memadati pantai Borong sambil berenang di laut. Tepat hari itu, hari libur, baik karyawan swasta maupun pegawai negeri sipil.

Berhasil menyelenggarakan parade perahu nelayan dan lomba perahu dayung, renang serta lomba perahu layar dengan hiasan bendera Merah Putih ditambah dengan lukisan-lukisan yang bernuansa perayaan Kemerdekaan RI pada tahun 2015 lalu. Maka, tahun ini, tepatnya 19 Agustus 2016, diselenggarakan lagi berbagai atraksi di laut.

KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Nelayan di Kota Borong, Kelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong, Manggarai Timur, Flores, NTT, Jumat, (19/8/2016) ikut lomba perahu layar untuk meriahkan HUT ke-71 RI sekaligus ajang promosi pariwisata bahari di Manggarai Timur.
Atraksi ini sekaligus mempromosikan pariwisata di Kabupaten Manggarai Timur. Mempromosikan pariwisata di Manggarai Timur dengan berbagai cara, antara lain lomba perahu layar, lomba dayung perahu dan renang, serta parade Kemerdekaan Republik Indonesia di laut Borong dengan melibatkan perahu-perahu nelayan.

Perlombaan-perlombaan di laut Borong sekaligus memberikan perhatian kepada nelayan oleh pemerintah untuk sama-sama mempromosikan keunikan-keunikan pariwisata bahari di perairan Borong.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.