Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurma Nabi, dari Tanah Suci sampai Tanah Abang

Kompas.com - 27/08/2016, 19:16 WIB
Yosia Margaretta

Penulis

KOMPAS.com - Pasar Tanah Abang sudah lama terkenal sebagai pusat belanja oleh-oleh khas Arab Saudi. Anda bisa menemukannya di Blok A, B, dan F. Semua suvenir tersebut didatangkan langsung dari Tanah Suci.

Beberapa oleh-oleh yang bisa Anda dapatkan di Pasar Tanah Abang antara lain kurma, air zamzam, henna, lipstik Arab, dan lain-lain. Tak sedikit orang Indonesia yang membeli oleh-oleh di sini, karena harganya tak terpaut jauh dengan harga asli yang didapatkan di Arab Saudi.

"Lagipula tidak bisa bawa bagasi terlalu banyak. Bagasi ada kapastitasnya. Kalo lebih nanti tambah biaya lagi," tutur Angga, pemilik kios "Cabang Mekkah" kepada KompasTravel.

Dari semua jenis oleh-oleh, ada satu yang tergolong mahal yakni Kurma Nabi. Konon, kurma ini ditanam langsung oleh Rasul di samping Masjid Quba, Madinah.

"Iya, ini kurma yang ditanam langsung sama Rasul di Madinah sana," tutur Angga.

Harga yang diberikan untuk Kurma Nabi tergolong mahal. Satu kilogram Kurma Nabi dibanderol Rp 350.000. Bandingkan dengan kurma biasa, yang harganya Rp 350.000-450.000 per 10 kilogram.

Kurma Nabi yang dijual di Pasar Tanah Abang dikirim langsung dari Arab Saudi. Angga mengaku, dirinya adalah tangan pertama yang mengambil oleh-oleh langsung dari Tanah Suci. Oleh karena itulah harganya tak terpaut jauh dengan harga asli.

Pada musim haji dan umrah, lanjut Angga, dirinya membeli kurma yang telah dibungkus per 10 kilogram. Sementara saat bulan Ramadan, dia akan membeli kurma dalam jumlah lebih banyak.

"Kalau bulan puasa kan karena permintaannya lebih banyak juga," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com