Belanja Oleh-oleh Haji di Tanah Abang, Cermati 3 Hal Ini

Kompas.com - 27/08/2016, 21:10 WIB
Disini Anda bisa mendapatkan oleh-oleh khas arab yang sama dengan di negara asalnya. YOSIAMARGARETTA/KOMPAS.COMDisini Anda bisa mendapatkan oleh-oleh khas arab yang sama dengan di negara asalnya.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

KOMPAS.com - Ibadah haji atau umrah seringkali identik dengan oleh-oleh khas Arab Saudi seperti kurma, air zam-zam, pacar kuku sampai kosmetik.

Namun,  ternyata tak sedikit orang Indonesia yang memilih untuk membeli oleh-oleh tersebut di Indonesia. Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat adalah salah satu tempatnya.

Berikut tips yang dihimpun oleh KompasTravel untuk Anda yang ingin mebeli oleh-oleh khas Arab Saudi di Pasar Tanah Abang.

Siapkan daftar belanjaan

Sebenarnya, Anda bisa membeli oleh-oleh tersebut sebelum berangkat umrah atau haji. Namun sebisa mungkin, belilah oleh-oleh yang bukan makanan terlebih dahulu.

Saat pulang dari Tanah Suci, barulah Anda membeli oleh-oleh berupa makanan seperti kurma. Mulai dari kurma, kue-kue, sampai kacang-kacangan. Jangan lupa siapkan daftar belanjaan sebelum berangkat ke Tanah Abang.

YOSIAMARGARETTA/KOMPAS.COM Anda bisa mendapatkan kurma dengan harga Rp 400.000 per 10 kilo

Beli di satu tempat

Di Tanah Abang, banyak kios yang menjual oleh-oleh khas Tanah Suci. Biasanya, penjual akan memberi diskon lebih banyak bila Anda belanja yang lebih banyak pula.

"Pokoknya kalau beli lebih banyak, harganya bisa diskon," ujar Angga, salah satu pemilik kios oleh-oleh di Pasar Tanah Abang.

Perhatikan label expired

Apabila Anda membeli oleh-oleh sebelum berangkat ke Mekkah, ada baiknya memeriksa tanggal kadaluarsa. Jangan sampai Anda memberikan oleh-oleh yang telah lewat masa pemakaiannya. Terkadang, penjual sendiri tidak memerhatikan kapan barang dagangannya expired.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X