Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanja Oleh-oleh Haji di Tanah Abang, Cermati 3 Hal Ini

Kompas.com - 27/08/2016, 21:10 WIB
Yosia Margaretta

Penulis

KOMPAS.com - Ibadah haji atau umrah seringkali identik dengan oleh-oleh khas Arab Saudi seperti kurma, air zam-zam, pacar kuku sampai kosmetik.

Namun,  ternyata tak sedikit orang Indonesia yang memilih untuk membeli oleh-oleh tersebut di Indonesia. Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat adalah salah satu tempatnya.

Berikut tips yang dihimpun oleh KompasTravel untuk Anda yang ingin mebeli oleh-oleh khas Arab Saudi di Pasar Tanah Abang.

Siapkan daftar belanjaan

Sebenarnya, Anda bisa membeli oleh-oleh tersebut sebelum berangkat umrah atau haji. Namun sebisa mungkin, belilah oleh-oleh yang bukan makanan terlebih dahulu.

Saat pulang dari Tanah Suci, barulah Anda membeli oleh-oleh berupa makanan seperti kurma. Mulai dari kurma, kue-kue, sampai kacang-kacangan. Jangan lupa siapkan daftar belanjaan sebelum berangkat ke Tanah Abang.

YOSIAMARGARETTA/KOMPAS.COM Anda bisa mendapatkan kurma dengan harga Rp 400.000 per 10 kilo

Beli di satu tempat

Di Tanah Abang, banyak kios yang menjual oleh-oleh khas Tanah Suci. Biasanya, penjual akan memberi diskon lebih banyak bila Anda belanja yang lebih banyak pula.

"Pokoknya kalau beli lebih banyak, harganya bisa diskon," ujar Angga, salah satu pemilik kios oleh-oleh di Pasar Tanah Abang.

Perhatikan label expired

Apabila Anda membeli oleh-oleh sebelum berangkat ke Mekkah, ada baiknya memeriksa tanggal kadaluarsa. Jangan sampai Anda memberikan oleh-oleh yang telah lewat masa pemakaiannya. Terkadang, penjual sendiri tidak memerhatikan kapan barang dagangannya expired.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com