Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaet Wisatawan Malaysia, Festival Wonderful Indonesia Digelar di Entikong

Kompas.com - 28/08/2016, 15:31 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

ENTIKONG, KOMPAS.com - Beragam cara dan upaya dilakukan Kementerian Pariwisata guna memenuhi target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 12 juta orang tahun 2016. Salah satu nya melalui perhelatan Festival Wonderful Indonesia(FWI).

Dari 12 juta wisman tersebut, sebanyak 2 juta diantaranya menjadi target kunjungan di wilayah perbatasan. Guna mencapai tingkat kunjungan tersebut, Kemenpar kembali menggelar FWI di perbatasan Indonesia-Malaysia di Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Perhelatan tersebut digelar selama dua hari mulai abtu (27/8/2016) hingga Minggu (28/8/2016) yang dipusatkan di Lapangan Patoka, Entikong.

Konsep Cross-border Tourism yang digagas Kementerian Pariwisata untuk menggaet wisatawan asal negeri Jiran ini dengan menggelar konser musik yang dimeriahkan dua artis ibu kota, yaitu Nong Niken artis Kontes Dangdut Indonesia dan Selvi artis Bintang Pantura Indosiar.

Secara resmi, FWI dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Sanggau Yohanes Ontot, Konsul Jenderal KJRI Kuching Jahar Gultom dan Kepala Bidang Festival Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kemenpar, Eddy Susilo.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan yang tak kalah penting, bagaimana upaya kita membuat daya tarik agar wisman bisa datang ke Indonesia, khususnya melalui pintu masuk Entikong," ujar Yohanes, Sabtu (27/8/2016).

Yohanes menambahkan, saat ini jalur perbatasan yang paling mudah di akses adalah Entikong. Namun, menurutnya kegiatan seperti ini bukan lah kegiatan yang mudah untuk dilaksanakan, karena membutuhkan perencanaan yang matang dan biaya yang tak sedikit.

"Tentu kita perlu memikirkan kemasan acara yang akan kita buat, sehingga bagaimana daerah itu, terutama Entikong menjadi enak untuk dikunjungi oleh turis," ujar Yohanes.

"Bagaimana kita membangun daerah kita ini bisa menjadi salah satu destinasi di daerah Kabupaten Sanggau, terutama dalam membangun infrastruktur sehingga potensi wisata yang ada bisa menarik lebih banyak pengunjung," imbuhnya.

Sementara itu, Jahar Gultom mengungkapkan, kegiatan yang diselenggarakan tersebut semakin memperkuat hubungan positif antara kedua negara. "Festival ini akan menambah nilai, menambah bobot dan menambah silaturahmi kedua negara," ujar Jahar.

Kepala Bidang Festival Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kemenpar, Eddy Susilo mengatakan, penyelenggaraan FWI yang kedua kalinya ini diharapkan bisa mengulang sukses seperti penyelenggaraan sebelumnya.

Kunjungan wisatawan khususnya dari negara bagian Sarawak, Malaysia diharapkan bisa melebihi jumlah kunjungan sebelumnya.

"Kegiatan Festival Wonderful Indonesia ini untuk memenuhi komintmen Kemenpar yang menargetkan wisman pada 2016, dari kunjungan wisman 12 juta dengan target wisman dari tetangga dekat kita Malaysia adalah 2 juta wisman. Untuk itu Kemenpar memerlukan dukungan stakeholder dari daerah perbatasan ini," kata Eddy.

FWI merupakan program Kemenpar dalam rangka meningkatkan aktivitas industri pariwisata Indonesia. Hari pertama FWI dimeriahkan sejumlah penampilan tarian Dayak, aneka permainan, dan artis dangdut Nong Niken. Ratusan masyarakat tampak memadati lapangan Patoka yang menjadi pusat kegiatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com