Kompas.com - 28/08/2016, 15:31 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

ENTIKONG, KOMPAS.com - Beragam cara dan upaya dilakukan Kementerian Pariwisata guna memenuhi target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 12 juta orang tahun 2016. Salah satu nya melalui perhelatan Festival Wonderful Indonesia(FWI).

Dari 12 juta wisman tersebut, sebanyak 2 juta diantaranya menjadi target kunjungan di wilayah perbatasan. Guna mencapai tingkat kunjungan tersebut, Kemenpar kembali menggelar FWI di perbatasan Indonesia-Malaysia di Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Perhelatan tersebut digelar selama dua hari mulai abtu (27/8/2016) hingga Minggu (28/8/2016) yang dipusatkan di Lapangan Patoka, Entikong.

Konsep Cross-border Tourism yang digagas Kementerian Pariwisata untuk menggaet wisatawan asal negeri Jiran ini dengan menggelar konser musik yang dimeriahkan dua artis ibu kota, yaitu Nong Niken artis Kontes Dangdut Indonesia dan Selvi artis Bintang Pantura Indosiar.

Secara resmi, FWI dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Sanggau Yohanes Ontot, Konsul Jenderal KJRI Kuching Jahar Gultom dan Kepala Bidang Festival Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kemenpar, Eddy Susilo.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan yang tak kalah penting, bagaimana upaya kita membuat daya tarik agar wisman bisa datang ke Indonesia, khususnya melalui pintu masuk Entikong," ujar Yohanes, Sabtu (27/8/2016).

Yohanes menambahkan, saat ini jalur perbatasan yang paling mudah di akses adalah Entikong. Namun, menurutnya kegiatan seperti ini bukan lah kegiatan yang mudah untuk dilaksanakan, karena membutuhkan perencanaan yang matang dan biaya yang tak sedikit.

"Tentu kita perlu memikirkan kemasan acara yang akan kita buat, sehingga bagaimana daerah itu, terutama Entikong menjadi enak untuk dikunjungi oleh turis," ujar Yohanes.

"Bagaimana kita membangun daerah kita ini bisa menjadi salah satu destinasi di daerah Kabupaten Sanggau, terutama dalam membangun infrastruktur sehingga potensi wisata yang ada bisa menarik lebih banyak pengunjung," imbuhnya.

Sementara itu, Jahar Gultom mengungkapkan, kegiatan yang diselenggarakan tersebut semakin memperkuat hubungan positif antara kedua negara. "Festival ini akan menambah nilai, menambah bobot dan menambah silaturahmi kedua negara," ujar Jahar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.