Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Memilih Buah Melon yang Tepat

Kompas.com - 28/08/2016, 20:17 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih buah bagi sebagian orang bukan hal yang mudah. Apalagi bagi yang jam terbang membeli buah belum cukup tinggi. Alhasil momen memilih buah hanya sekadar cap-cip-cup, alias asal tebak.

Padahal jika Anda tahu karakteristik buah, sebenarnya Anda bisa mendapatkan buah yang segar dan berdaging tebal.

"Kalau buah melon yang bagus itu bisa dilihat uratnya bagus dan penuh. Kalau dipegang dagingnya kencang, tidak layu," kata Tatang yang merupakan pemenang kontes melon terbaik di Fruit and Veggie Festival, di Blok M Square, Jakarta, Sabtu (27/8/2016).

Urat di kulit melon yang penuh, menurut Tatang, menandakan jika Melon tersebut memiliki perawatan yang baik. Sedangkan jika melon dipegang kencang dan tidak layu artinya melon tersebut masih segar. 

"Cuma kalau ditanya manis atau tidak, tak ada yang bisa jawab. Tak ada penjual buah yang bisa jawab buah itu manis atau tidak, kecuali dia hafal pohon buah tersebut. Berlaku juga dengan buah durian dan buah lainnya," kata Tatang.

Saran lainnya dari Tatang jika Anda melihat melon di supermarket yang sudah dipotong, Anda dapat tahu melon tersebut mendapatkan perawatan dengan baik dari bijinya.

"Kalau bijinya penuh dan tidak rontok, berarti perawatan melonnya bagus, tapi jarang buah melon seperti itu di Supermarket," kata Tatang. 

Buah melon saat ini di pasaran Indonesia dibagi menjadi dua, yakni melon hijau dengan ciri daging lembek dan berair. Serta melon kuning dengan ciri daging renyah dan kering. 

"Orang Indonesia sebenarnya yang penting manis. Hanya kalau sekarang melon kuning lebih eksklusif. Bisa Rp 20.000 sampai Rp 30.000 per kilogram. Harga melon hijau lebih murah Rp 10.000 sampai Rp 15.000," tambah Tatang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com