Kompas.com - 29/08/2016, 11:03 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

ENTIKONG, KOMPAS.com - Perhelatan Festival Wonderful Indonesia (FWI) selama dua hari di Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, sukses mendatangkan hampir 1.000 wisatawan asal negara Malaysia.

Pada hari pertama, Sabtu (27/8/2016), tercatat 352 wisatawan mancanegara (wisman) asal Malaysia melintasi Pos Lintas Batas Negara (PLBN).

Jumlah tersebut meningkat menjadi 640 wisman pada hari kedua, Minggu (28/8/2016). Total dalam 2 hari kegiatan FWI tercatat 992 wisman. Data tersebut merupakan data perlintasan warga negara asing yang diperoleh dari Kantor Imigrasi Kelas II Entikong dalam dua hari terakhir.

KOMPAS.COM/YOHANES KURNIA IRAWAN Penampilan tarian tradisional dalam Festival Wonderful Indonesia di Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Minggu (28/8/2016).
Berbeda dengan festival serupa yang digelar bulan Maret lalu, kemasan kali ini terlihat lebih beragam. Penampilan hiburan yang disajikan tak hanya mendatangkan artis dari Jakarta saja, melainkan artis lokal Sarawak.

Selain itu, hampir keseluruhan undangan yang disebar panitia penyelenggara tampak hadir memenuhi lapangan Patoka yang menjadi pusat kegiatan.

Hari pertama kegiatan menyajikan penampilan aneka perlombaan permainan rakyat seperti balap karung, egrang, dan tarik tambang.

Wisman asal negeri Jiran itu pun tampak terpukau menyaksikan keceriaan peserta lomba. Atraksi hari pertama ditutup dengan penampilan Nong Niken, artis Kontes Dangdut Indonesia.

KOMPAS.COM/YOHANES KURNIA IRAWAN Penampilan tarian tradisional dalam Festival Wonderful Indonesia di Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Minggu (28/8/2016).
Sedangkan hari kedua dimeriahkan oleh penampilan Empire Band, grup musik asal Tebedu yang cukup digemari masyarakat di wilayah perbatasan.

Kemudian ada dua sanggar tari Dayak dari Tebedu yang juga turut memeriahkan festival. Selain itu, artis lokal dan Selvi artis Bintang Pantura Indosiar menjadi penutup di penghujung acara. Rencananya, agenda FWI serupa akan kembali digelar di Entikong pada bulan Oktober mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.