Bintan Optimistis Jadi Tujuan Wisata Olahraga

Kompas.com - 30/08/2016, 08:24 WIB
Peserta menuntaskan sesi lari dalam Wonderful Indonesia IronMan 70.3 di Bintan, Kepulauan Riau pada akhir Agustus 2016. Bintan didorong menjadi salah satu tujuan wisata olahraga dengan pasar pelancong asing. Setiap tahun, paling sedikit lima kompetisi dihelat di Bintan dan dihadiri ratusan ribu pelancong asing.

KOMPAS/KRIS RAZIANTO MADAPeserta menuntaskan sesi lari dalam Wonderful Indonesia IronMan 70.3 di Bintan, Kepulauan Riau pada akhir Agustus 2016. Bintan didorong menjadi salah satu tujuan wisata olahraga dengan pasar pelancong asing. Setiap tahun, paling sedikit lima kompetisi dihelat di Bintan dan dihadiri ratusan ribu pelancong asing.
Penulis Kris R Mada
|
EditorI Made Asdhiana

BINTAN, KOMPAS.com - Pemerintah semakin optimistis menjadikan Bintan, Kepulauan Riau sebagai tujuan wisata olahraga. Kabupaten itu sudah bertahun-tahun sukses jadi tuan rumah berbagai kegiatan wisata yang dikemas sebagai acara olahraga.

Pada akhir Agustus 2016 ini, Bintan sukses menghelat Wonderful Indonesia IronMan 70.3. Lomba triatlon itu diikuti 1.200 atlet dewasa dan anak-anak dari 51 negara. Dalam lomba pada Minggu (28/8/2016) itu, triatlet Swedia Fredick Croneborg jadi kampiun.

Sebelumnya pada Mei 2016, Bintan dipadati ribuan pelancong asing yang mengikuti Bintan Triathlon 2016.

"Kementerian Pariwisata sangat mendukung kegiatan-kegiatan wisata olahraga di Bintan sebagai salah satu penarik wisatawan asing," ujar Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kementerian Pariwisata, Rizky Handayani.

Bintan, lanjut Rizky, sudah bertahun-tahun sukses menghelat berbagai paket wisata yang dikemas sebagai kegiatan olahraga. Setiap kegiatan, Bintan didatangi paling sedikit 2.000 pelancong asing.

KOMPAS/KRIS RAZIANTO MADA Pelancong menikmati liburan di Treasure Bay, Bintan, Kepulauan Riau. Kawasan Treasure Bay dilengkapi kolam 6,5 hektar atau terbesar di Asia Tenggara. Kolam itu dikonsep seperti pantai, sehingga berbagai olahraga dan permainan bisa leluasa dilakoni di sana.
Mereka menginap sedikitnya tiga hari di berbagai hotel di Bintan. Para pelancong itu terdiri dari peserta lomba dan pendukung mereka. Banyak pula yang mengajak keluarganya.

Semua dimungkinkan karena berbagai kegiatan olahraga di Bintan sudah dinanti setiap tahun. Bintan secara rutin menghelat lomba triatlon, lari lintas alam, dan balap sepeda jalan raya.

Hingga akhir 2016, masih ada tiga kompetisi akan dihelat di Bintan yakni turnamen golf, lari lintas alam Spartan 2016, dan lari malam dalam ajang Moon Run. “Semua menyasar penyuka wisata olahraga, terutama di Singapura,” ujar Rizky Handayani.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X