Menjajal Tiga Tongseng Legendaris Indonesia

Kompas.com - 01/09/2016, 05:03 WIB
Tongseng Pondok Sate Kambing Muda Pejompongan. Kompas.com/Silvita AgmasariTongseng Pondok Sate Kambing Muda Pejompongan.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia tentu tak asing dengan masakan berbahan dasar kambing, tongseng. Tongseng dipercaya berasal dari Kecamatan Klego, Boyolali, Jawa Tengah dan kemudian menyebar ke seluruh pelosok nusantara.

Kecap Bango lewat acara Pelestarian Warisan Kuliner Nusantara dengan Sajian Tongseng di Idul Adha, Selasa (30/8/2016) memboyong tiga tongseng legendaris ke Restoran Oasis di Jakarta.

(BACA: Inilah Asal Usul Masakan Tongseng)

KompasTravel mencicipi tiga tongseng dari tiga daerah berbeda dan tentunya memiliki rasa yang berbeda pula. Inilah tiga tongseng legendaris dengan cita rasa istimewa:

1. Tongseng Pondok Sate Kambing Muda Pejompongan, Jakarta

Rumah makan yang dibangun tahun 1994 oleh Pak Sukatni ini adalah salah satu pondok sate dan tongseng paling legendaris di Jakarta. Rasa tongsengnya klasik, dengan perpaduan bumbu yang sempurna. Sehingga menimbulkan rasa yang pas, tak ada yang kekurangan atau kelebihan.

Daging tongseng berpotongan besar, meski begitu tetap empuk dan memiliki tekstur yang mudah dikunyah, Menurut Pak Sukatni, rahasia tongsengnya adalah penggunaan nanas yang dilumatkan saat menumis daging, sehingga daging lebih empuk.

Tongseng Pondok Sate Kambing Muda Pejompongan terletak di Jalan Pejompongan Raya Nomor 2B, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

Kompas.com/Silvita Agmasari Tongseng Kicik Pak Jade dari Sleman.

2. Tongseng Kicik Pak Jede

Tongseng Kicik Pak Jede dijual di Warung Sate Klatak Pak Jede di Jalan Nologaten Nomor 46, Depok, Sleman, Yogyakarta. Warung ini sudah ada sejak tahun 1960-an, dan kini dikelola oleh generasi ketiga. Tongseng kicik, salah satu menu andalan di Warung Sate Klatak Pak Jede memiliki keunikan dibanding tongseng lainnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X