Kompas.com - 01/09/2016, 09:10 WIB
EditorI Made Asdhiana

OLEH: PINGKAN ELITA DUNDU & WINDORO ADI

LUMPIA semarang. Dua kata ini menguatkan Semarang sebagai salah satu destinasi kuliner Nusantara. Dan, tidak hanya lumpia. Masih ada tahu gimbal, babat gongso, bandeng presto, dan sederet olahan sedap lain yang identik dengan kota ini.

Kelezatan ini membuat orang akan selalu merindukannya. Termasuk mereka yang sudah lama tinggal di Jakarta sekalipun.

Saat rindu menyergap tetapi kesempatan ke kota asal belum tiba, jangan galau. Datanglah ke kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Di situ, ada satu restoran yang menyajikan aneka menu Semarangan. Restoran Lumba-lumba (Lumba2) namanya.

Restoran mungil ini terletak di pojokan Jalan Kemukus, di sisi timur Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta Barat.

Hidangan utamanya antara lain soto semarang, bakmi jowo godok, bakmi jowo goreng, tahu pong, gimbal udang, petis kangkung yang lengkap dengan taburan tahu, nasi babat gongso, dan nasi goreng babat.

Olahan bandeng pun tersedia, mulai dari bandeng presto, bandeng pepes, hingga bandeng otak-otak. Bahkan, ada variasi nasi goreng bandeng.

Oleh-oleh Semarang seperti wingko, tahu petis, dan tentu saja lumpia bisa didapatkan di sini.

Sayang, ketika Kompas mengudap di sana, Jumat (26/8/2016) menjelang sore, rasa tahu dan petisnya kali itu di bawah standar biasanya. Meski demikian, lidah terobati saat mencicipi nasi goreng bandeng, bakmi goreng, bakmi godok, dan terutama lumpia spesial.

Bagi penggemar rasa pedas, menu seperti bakmi goreng dan babat gongso bisa dipesan pedas. Rasa pedas ini akan memberikan kesan tersendiri di penghujung santapan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.