Kompas.com - 01/09/2016, 18:45 WIB
|
EditorLatief


KOMPAS.com
- Apa arti pariwisata buat Indonesia? Benarkah sektor ini hanya buat orang yang butuh senang-senang, jalan-jalan, atau buang uang?

"Pariwisata adalah jalan baru, paling cepat, dan paling mudah untuk memutus rantai kemiskinan, pengangguran, dan kesenjangan, yang selama 71 tahun kita hadapi," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, di Shanghai, China, Sabtu (27/8/2016).

Berbicara di depan para diaspora Indonesia di China, Arief banyak mengutip pidato Presiden Joko Widodo dalam peringatan Hari Kemerdekaan ke-71 Indonesia.

"Kita masih sulit memutus rantai kemiskinan, pengangguran, dan kesenjangan sosial," ujar Arief menggarisbawahi pesan Presiden.

Dari kondisi itu, Pemerintah menggenjot infrastruktur, kapasitas produksi, dan kualitas sumber daya manusia. Bersamaan itu, ada juga deregulasi-debirokratisasi.

"Itulah yang bisa kita perankan semua, melalui sektor pariwisata," kata Arief.

Targetnya, pada 2019 sektor pariwisata menyumbang 15 persen pendapatan domestik bruto (PDB), setara senilai 20 miliar dollar AS. Dari situ, ditargetkan pula 13 juta pekerja terserap di sektor pariwisata.

"Serta diyakini (pariwisata) mampu menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi yang lebih tersebar di seluruh Tanah Air," ujar Arief di depan audiens yang mayoritas adalah anggota Indonesia China Chamber of Commerce (Inacham).

Fokus

Sejalan dengan pidato Presiden yang dikutipnya, Arief pun membeberkan fokus langkah strategis di kementeriannya. Dia menyebut ada tiga fokus.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Gerhana Matahari Parsial di Borobudur - Fenomena gerhana matahari parsial terlihat melalui sekeping kaca di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (9/3). Peristiwa langka tersebut disambut dengan meriah di berbagai daerah di Indonesia.

"Pertama infrastruktur, (sebagai) syarat mutlak memajukan pariwisata," sebut dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.