Kali Pertama Mendaki Gunung? Siapkan Peralatan Ini Dulu...

Kompas.com - 02/09/2016, 17:05 WIB
Pengunjung melihat tas ransel untuk mendaki gunung di salah satu stan Deep & Extreme Indonesia 2016 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Kamis (31/3/2016). KOMPAS.com / Wahyu Adityo ProdjoPengunjung melihat tas ransel untuk mendaki gunung di salah satu stan Deep & Extreme Indonesia 2016 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Kamis (31/3/2016).
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.COM - Kegiatan mendaki gunung identik dengan risiko berbahaya seperti kedinginan, kehujanan, juga kelaparan. Pendaki perlu menyiapkan peralatan-peralatan yang dapat mengurangi risiko tersebut.

Pendaki pemula pasti kebingungan soal aneka peralatan yang harus disiapkan. Beberapa peralatan penting untuk dimiliki, meski beberapa peralatan lainnya bisa sharing dengan teman pendakian.

Berikut KompasTravel himpun beberapa peralatan yang wajib dimiliki saat pertama kali mendaki gunung. Daftar ini disusun berdasarkan keterangan Pemandu Pendakian Gunung dari Consina, Virgo Dirgantara; Brand Ambassador Eiger, Noerhuda; dan Pemilik Toko Patagonia Outdoor, Fandhi Achmad.

Perlengkapan Pribadi

Ransel

Ransel atau sering disebut carrier adalah tempat membawa peralatan pendakian seperti kantong tidur (sleeping bag), tenda, alat masak, matras, makanan, dan logistik pendakian. Ransel sendiri memiliki aneka ukuran tampung yang bervariasi seperti 20 hingga 100 liter.

Sepatu

Sepatu untuk mendaki gunung adalah hal yang wajib disiapkan. Penggunaan sepatu mendaki gunung secara fungsi tak bisa digantikan oleh model sepatu yang lain.

Secara karakteristik seperti jenis dan kekuatan sol, jenis leher sepatu (low cut, mid cut, dan high cut), dan bahan sepatu yang berbeda dengan sepatu casual.

Baju dan celana

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X