Kompas.com - 03/09/2016, 10:36 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KUPANG, KOMPAS.com - Kepala Bagian Politik Kedutaan Besar Jepang, Ryo Nakamura mengatakan, Pemerintah Jepang tertarik menjajaki kerja sama bidang pariwisata dengan Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Keinginan pemerintah Jepang itu disampaikan Nakamura kepada sejumlah wartawan usai bertemu Wali Kota Kupang Jonas Salean, di Kupang, Kamis (1/9/2016).

Menurut Nakamura, selain bidang pariwisata, Jepang pun ingin kerja sama di bidang ekonomi. “Yang tadi pertemuan dengan wali kota itu yakni kami ingin bekerja sama di bidang ekonomi seperti pariwisata,” kata Nakamura.

Nakamura juga mengaku tertarik dengan sejumlah suku yang ada di Provinsi NTT seperti Suku Boti di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dan budaya warga di Pulau Semau dan Suku Helong di Kabupaten Kupang.

Pada kesempatan itu, Nakamura juga bertemu dengan belasan orang warga Jepang yang tinggal di wilayah Kota Kupang.

Sementara itu, Wali Kota Jonas Salean berkeinginan agar bisa bekerja sama dalam bidang peningkatan sumber daya manusia khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya perencanaan tata ruang kota. Alasan Jonas, karena Jepang adalah negara dengan perencanaan kota yang terbaik di dunia.

"Tata ruang kota juga termasuk pengelolaan pantai. Salah satunya adalah menghindari adanya privatisasi pantai. Pantai merupakan area publik yang dimiliki bersama, bukan milik orang tertentu, karena itu kita ingin bekerja sama dengan pemerintah Jepang khususnya tata kota," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.