Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Ingin Jajaki Kerja Sama Pariwisata dengan Kota Kupang

Kompas.com - 03/09/2016, 10:36 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Kepala Bagian Politik Kedutaan Besar Jepang, Ryo Nakamura mengatakan, Pemerintah Jepang tertarik menjajaki kerja sama bidang pariwisata dengan Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Keinginan pemerintah Jepang itu disampaikan Nakamura kepada sejumlah wartawan usai bertemu Wali Kota Kupang Jonas Salean, di Kupang, Kamis (1/9/2016).

Menurut Nakamura, selain bidang pariwisata, Jepang pun ingin kerja sama di bidang ekonomi. “Yang tadi pertemuan dengan wali kota itu yakni kami ingin bekerja sama di bidang ekonomi seperti pariwisata,” kata Nakamura.

Nakamura juga mengaku tertarik dengan sejumlah suku yang ada di Provinsi NTT seperti Suku Boti di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dan budaya warga di Pulau Semau dan Suku Helong di Kabupaten Kupang.

Pada kesempatan itu, Nakamura juga bertemu dengan belasan orang warga Jepang yang tinggal di wilayah Kota Kupang.

Sementara itu, Wali Kota Jonas Salean berkeinginan agar bisa bekerja sama dalam bidang peningkatan sumber daya manusia khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya perencanaan tata ruang kota. Alasan Jonas, karena Jepang adalah negara dengan perencanaan kota yang terbaik di dunia.

"Tata ruang kota juga termasuk pengelolaan pantai. Salah satunya adalah menghindari adanya privatisasi pantai. Pantai merupakan area publik yang dimiliki bersama, bukan milik orang tertentu, karena itu kita ingin bekerja sama dengan pemerintah Jepang khususnya tata kota," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com