Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelabuhan Benoa, Peringkat Pertama Kunjungan Kapal Pesiar di Indonesia

Kompas.com - 03/09/2016, 18:00 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Pelabuhan Benoa adalah Pelabuhan terbesar di Bali yang lokasinya di Denpasar, Bali Selatan. Ternyata Pelabuhan Benoa berada di peringkat pertama dalam hal jumlah kunjungan kapal pesiar atau cruise mancanegara.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Humas Pelindo III, Edi Priyanto saat temu media bahwa Pelabuhan Benoa menjadi peringkat pertama, disusul oleh Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat dan Pelabuhan Tanjung Mas Semarang.

"Pelabuhan Benoa itu menjadi peringkat pertama untuk kedatangan kapal cruise. Ini dipengaruhi oleh Bali yang menjadi tujuan wisata dunia yang sudah terkenal. Bayangkan, saya ke Italia, mereka tidak tahu Indonesia tapi ketika saya bilang Bali, malah dia tahu. Bali memang terkenal," kata Edi Priyanto, Denpasar, Jumat (2/9/2016).

Data dari Kantor Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) Benoa disampaikan bahwa tahun 2015 lalu tercatat penumpang kapal pesiar berjumlah 68.713 orang penumpang. Sementara untuk tahun ini hingga bulan Juli 2016 tercatat berjumlah 32.267 orang penumpang.

Untuk rencana pengembangan, terminal cruise seluas 56.766 m2 dengan kapasitas 12.000 orang penumpang.

"Rencana ke depan pengembangan Pelabuhan Benoa, di sisi timur," kata Ali, pegawai Pelindo III Benoa.

Pelabuhan Benoa tidak hanya sebagai tempat tujuan kapal pesiar mancanegara saja tetapi juga sebagai tempat kapal kontainer, kapal penumpang, kapal perikanan, serta Terminal Curah Air dan Gas. Dan rencananya, Pelabuhan Benoa akan dibangun Pelabuhan Marina, rencana ini masih terkendala perizinan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com