Pelabuhan Benoa, Peringkat Pertama Kunjungan Kapal Pesiar di Indonesia

Kompas.com - 03/09/2016, 18:00 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

DENPASAR, KOMPAS.com - Pelabuhan Benoa adalah Pelabuhan terbesar di Bali yang lokasinya di Denpasar, Bali Selatan. Ternyata Pelabuhan Benoa berada di peringkat pertama dalam hal jumlah kunjungan kapal pesiar atau cruise mancanegara.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Humas Pelindo III, Edi Priyanto saat temu media bahwa Pelabuhan Benoa menjadi peringkat pertama, disusul oleh Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat dan Pelabuhan Tanjung Mas Semarang.

"Pelabuhan Benoa itu menjadi peringkat pertama untuk kedatangan kapal cruise. Ini dipengaruhi oleh Bali yang menjadi tujuan wisata dunia yang sudah terkenal. Bayangkan, saya ke Italia, mereka tidak tahu Indonesia tapi ketika saya bilang Bali, malah dia tahu. Bali memang terkenal," kata Edi Priyanto, Denpasar, Jumat (2/9/2016).

Data dari Kantor Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) Benoa disampaikan bahwa tahun 2015 lalu tercatat penumpang kapal pesiar berjumlah 68.713 orang penumpang. Sementara untuk tahun ini hingga bulan Juli 2016 tercatat berjumlah 32.267 orang penumpang.

Untuk rencana pengembangan, terminal cruise seluas 56.766 m2 dengan kapasitas 12.000 orang penumpang.

"Rencana ke depan pengembangan Pelabuhan Benoa, di sisi timur," kata Ali, pegawai Pelindo III Benoa.

Pelabuhan Benoa tidak hanya sebagai tempat tujuan kapal pesiar mancanegara saja tetapi juga sebagai tempat kapal kontainer, kapal penumpang, kapal perikanan, serta Terminal Curah Air dan Gas. Dan rencananya, Pelabuhan Benoa akan dibangun Pelabuhan Marina, rencana ini masih terkendala perizinan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.