Kompas.com - 03/09/2016, 19:24 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

DENPASAR, KOMPAS.com - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menyampaikan bahwa semua fenomena kesehatan pasti ada dampaknya terhadap jumlah kunjungan wisatawan ke Bali. Contohnya saat merebak virus SARS dan Flu Burung yang telah berdampak terhadap kunjungan wisatawan ke Bali.

Namun, ia mengakui terkait isu Virus Zika tidak banyak berpengaruh, apalagi hingga kini belum ada laporan pembatalan kunjungan wisatawan ke Bali hanya karena isu Virus Zika tersebut.

"Dengan fenomena kesehatan yang saat ini terdeteksi di Singapura yaitu Virus Zika, belum ada laporan pembatalan. Faktor utama karena Singapura hanya menjadi titik transit kunjungan tamu," kata Ketua PHRI Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati kepada Kompas.com, Denpasar, Bali, Jumat (2/9/2016).

Mantan Bupati Gianyar yang akrab dipanggil Cok Ace ini juga menjelaskan bahwa saat ini peran titik transit menuju Bali juga sudah banyak terambil alih oleh Dubai dan Doha sejak 2015. Jadi, lanjutnya, peran titik transit Singapura sudah jauh menurun.

"Jumlah kunjungan Singapura sudah terjun bebas dua tahun belakangan ini dan tetap negatif hingga saat ini," ujarnya.

Ia menambahkan Singapura hanya mengambil porsi sekitar 3,6 persen dari jumlah total kunjungan turis ke Bali. Menurutnya, persentase kecil ini tidak terlalu berpengaruh terhadap jumlah total yang ada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.