Stefano: Sebut Indonesia, Orang Italia Cuma Kenal Bali dan Thohir

Kompas.com - 07/09/2016, 17:20 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com — Selalu menarik untuk mengetahui bagaimana pendapat orang asing mengenai Tanah Air. Citra Indonesia di mata penduduk dunia tentu sangat beragam, seperti Stefano Romano, fotografer asal Italia sekaligus penulis buku Kampungku Indonesia.

Stefano mengatakan, kebanyakan orang Italia hanya mengenal dua hal dari Indonesia, yaitu Bali dan Thohir.

"Bali dan apa, maaf?" kata saya saat berjumpa dengan Stefano di Mal Pondok Indah, Kamis (1/9/2016).

"Thohir yang sepak bola itu, tetapi sekarang sudah tak lagi," kata pria yang fasih berbahasa Indonesia dan senang dipanggil Akang ini.

(BACA: Stefano Romano, Orang Italia Hati Indonesia)

Barulah saya mengerti Thohir yang dimaksud Stefano adalah Erick Thohir, pengusaha asal Indonesia yang menjadi presiden klub sepak bola Internazionale Milano atau Inter Milan. Thorir menjual saham Inter Milan ke investor China pada Juni 2016.

"Orang Italia memang kurang tahu tentang Indonesia. Dulu informasinya agak kurang," kata Stefano.

Namun, ia mengatakan, sekarang promosi Indonesia sudah lebih baik. Warga Roma bisa mendapati iklan berjalan tentang Indonesia yang menghiasi angkutan umum mereka.

"Padahal, Indonesia itu tak hanya Bali, tetapi rata-rata orang cuma tahu Bali saja," kata Stefano.

Ia mengenal Indonesia dari pekerjaannya sebagai fotografer. Suatu hari ia ke Kedutaan Besar RI di Italia dan meliput kegiatan di sana. Saat itu ia jatuh cinta pada Indonesia, pada perempuan Indonesia, Bayu Bintara Fatmawati, yang kini menjadi istrinya, dan agama Islam. 

"Saya ingin sekali tinggal di Indonesia, tetapi belum bisa karena biaya. Kalau ditugaskan untuk memotret Indonesia, saya siap," kata pria penyuka musik dangdut itu yang mengaku Indonesia adalah kampung halamannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.