Mengintip "Wonderful Indonesia" di Ho Chi Minh

Kompas.com - 08/09/2016, 10:28 WIB
Suasana Pembukaan International Travel Expo Ho Chi Minh City 2016 di Gem Center, Ho Chi Minh City, Vietnam, Rabu (7/9/2016). KOMPAS.COM/FABIAN JANUARIUS KUWADO Suasana Pembukaan International Travel Expo Ho Chi Minh City 2016 di Gem Center, Ho Chi Minh City, Vietnam, Rabu (7/9/2016).
|
EditorI Made Asdhiana

HO CHI MINH CITY, KOMPAS.com - Ballroom Gem Center yang terletak di Nguyen Binh Khiem Street, District 1, Ho Chi Minh, Vietnam, Rabu (7/9/2016) malam tampak gemerlap. Di atas panggung, satu per satu kesenian negara yang dilintasi Sungai Mekong, tampil sejak pukul 18.00 WIB seperti Laos, Thailand, Kamboja serta Vietnam.

Masing-masing menampilkan kesenian terbaik. Mulai dari tari-tarian hingga paduan alat musik khas. Tata cahaya warna-warni dan berganti dengan cepat membuat lima ratusan tamu yang hadir berdecak kagum.

Gemuruh tepuk tangan selalu terjadi usai satu per satu kesenian dipertunjukkan. Mereka yang tidak tepuk tangan sibuk merekam suasana dengan ponselnya. Para tamu, ada yang merupakan pejabat kementerian pariwisata negara-negara ASEAN.

Banyak pula pengusaha-pengusaha agen perjalanan raksasa di ASEAN, termasuk Indonesia. Asal negara mereka dapat diketahui dari busananya. Orang Indonesia yang hadir, sudah pasti mengenakan batik.

Di ratusan meja bundar untuk para tamu pun tidak kalah riuh. Kuliner menggugah selera, mulai dari makanan laut, paduan sayur hingga olahan daging babi dipadu anggur merah atau bir, membuat lidah beradu goyangan dengan para penari di panggung.

KOMPAS.COM/FABIAN JANUARIUS KUWADO Delegasi Kementerian Pariwisata beserta jurnalis dan pejabat Konsulat Jenderal Indonesia saat menghadiri pembukaan Pembukaan International Travel Expo Ho Chi Minh City 2016, Vietnam, Rabu (7/9/2016).
Demikian suasana kemeriahan pesta 'gala dinner' pembukaan International Travel Expo (ITE) Ho Chi Minh City (HCMC) 2016 yang berlangsung 8 hingga 10 September 2016 di Saigon Exhibition Center.

Ini adalah pameran pariwisata kelas Asia Tenggara. Kementerian Pariwisata RI turut ambil bagian di dalam perhelatan akbar tersebut.

Booth Wonderful Indonesia

Dalam acara kali ini, Kemenpar mendirikan booth spesial. Booth itu menampilkan keragaman destinasi wisata tanah air.

"Kami membawa musisi Sasando (Nusa Tenggara Timur), penari Bali dan body painters untuk diperkenalkan kepada calon wisatawan. Ini cara untuk mempromosikan paket-paket wisata ke daerah tersebut," ujar Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kementerian Pariwisata Rizki Handayani kepada KompasTravel.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X