Kompas.com - 11/09/2016, 09:16 WIB
Sejumlah perahu belang ikut beradu cepat dalam lomba Manggurebe Arumbae di Festival Pesta teluk Ambon, Maluku, Jumat (9/9/2016). KOMPAS.com/RAHMAT RAHMAN PATTYSejumlah perahu belang ikut beradu cepat dalam lomba Manggurebe Arumbae di Festival Pesta teluk Ambon, Maluku, Jumat (9/9/2016).
|
EditorI Made Asdhiana

AMBON, KOMPAS.com - Lomba Manggurebe Arumbae yang diselenggarakan untuk memeriahkan Pesta Teluk Ambon tahun 2016 di Ambon, Maluku berlangsung meriah, Jumat (9/9/2016).

Meski hanya diikuti oleh enam perahu belang namun susana ramai tetap terlihat mulai dari tempat start di pantai Amahusu, Kecamatan Nusaniwe hingga di garis finish di kawasan Jembatan Merah Putih.

Pantauan KompasTravel, ribuan warga terlihat memadati pesisir pantai di sepanjang Teluk Ambon sambil menyaksikan enam perahu belang ini beradu cepat menuju garis finish. Para peserta juga menghiasai perahu mereka dengan umbul-umbul.

Saat dilepas dari pantai Amahusu, perahu-perahu belang ini juga ikut dikawal sejumlah speedboad dan kapal. Dalam perlombaan kali ini perahu belang dari Desa Haria, Kecamatan Saparua berhasil masuk finish di urutan pertama disusul perahu belang dari Desa Porto, Kecamatan Saparua dan perahu belang dari Amahusu di urutan ketiga.

Sementara untuk urutan keempat dan kelima diraih oleh perahu belang dari Silale Ambon. sedangkan perahu terakhir yang masuk finish yakni perahu belang dari Kabupaten Seram Bagian Barat.

Pihak panitia sebelumnya menargetkan lomba Manggurebe Arumbae ini akan diikuti oleh banyak peserta, namun saat perlombaan ternyata hanya enam perahu yang mengikuti lomba. Pada tahun-tahun sebelumnya peserta yang ikut lomba Manggurebe Arumbae ini mencapai puluhan perahu.

“Tadinya yang sudah terdaftar untuk mengikuti lomba Manggurebe Arumbai ini sangat banyak tapi ternyata yang ikut lomba hanya ada enam,” kata Ketua Panitia Pesta Teluk Ambon, Rosmi Tutupoho, Jumat (9/9/2016).

Meski hanya diikuti oleh enam perahu belang namun Rosmi mengaku lomba tersebut sangat meriah dan menjadi hiburan warga. ”Anda lihat sendiri bagaimana antusiasme masyarakat menyaksikan lomba ini,” katanya.

Selain lomba Manggurebe Arumbai, sejumlah kegiatan juga diselenggarakan untuk memeriahkan Pesta Teluk Ambon tahun 2016 seperti, parade perahu hias, lomba mancing, karnaval budaya nusantara, pameran kuliner dan kerajinan Maluku serta pergelaran musik etnik. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.