Kompas.com - 11/09/2016, 16:34 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

SARAWAK, KOMPAS.com - Perhelatan Festival Wonderful Indonesia (FWI) yang akan kembali digelar pada 17-18 September 2016 di perbatasan Aruk, Kecamatan Sajingan, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat dimeriahkan dengan penampilan dua artis dari Indonesia maupun Malaysia.

Kepastian penampilan kedua artis dari kedua negara tersebut terungkap dalam rapat koordinasi antara pihak perwakilan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dengan sejumlah elemen pemerintah negara bagian Sarawak yang difasilitasi Konsulat Jenderal Republik Indonesia(KJRI) Kuching di Imperial Hotel, Kuching, Kamis (8/9/2016).

Dua artis yang akan menghibur masyarakat perbatasan kedua negara yaitu Viola Arsa penyayi dangdut asal Indonesia dan Najwa Latif penyayi asal Malaysia.

Perhelatan festival yang mengusung konsep cross-border tourism ini diharapkan bisa mendatangkan kunjungan wisatawan mancanegara yang berasal dari negara Malaysia.

Sehingga dalam kegiatan tersebut, selain menghadirkan artis Indonesia, juga melibatkan penampilan artis dari Malaysia untuk memeriahkan acara sebagai strategi dalam menggaet kunjungan wisman melalui perbatasan darat di Aruk-Biawak.

KOMPAS.COM/YOHANES KURNIA IRAWAN Rapat koordinasi antara perwakilan Kementerian Pariwisata dengan sejumlah elemen pemerintah Sarawak yang difasilitasi KJRI Kuching di Hotel Imperial, Kuching, Sarawak, Malaysia, Jumat (8/9/2016).
Selain konser musik, festival juga akan dimeriahkan sejumlah perlombaan tarian Dayak, olahraga tradisional Sumpit, kompetisi futsal, bazar aneka produk kerajinan dan kuliner.

Kepala Bidang Festival Asisten Deputi Pemasaran Asia Tenggara Kemenpar, Eddy Susilo mengatakan, selain disuguhi hiburan, pengunjung khususnya yang berasal dari negara Malaysia nantinya juga akan dibawa untuk menikmati keindahan air terjun yang terletak tak jauh dari lokasi kegiatan.

"Kita juga akan membawa mereka berkunjung ke salah satu air terjun yang ada di sana, sehingga mempromosikan potensi wisata alam yang ada supaya bisa menarik kunjungan wisman selanjutnya," ujar Eddy, Jumat (8/9/2016).

Seperti FWI yang digelar di perbatasan Entikong, Kabupaten Sanggau pada 27-28 Agustus 2016 yang berhasil menggaet kunjungan hampir 1.000 wisman Malaysia dalam dua hari, FWI di Aruk juga diharapkan bisa mendatangkan wisman sebanyak mungkin.

KOMPAS.COM/YOHANES KURNIA IRAWAN Salah satu aktivitas wisata di Kuching Waterfront, Sarawak, Malaysia.
Konsul Jenderal KJRI Kuching, Jahar Gultom mengatakan, pihaknya proaktif turut serta dalam peran menyukseskan perhelatan Festival Wonderful Indonesia yang digelar di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.