Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indahnya Liburan Bersama Keluarga di Pantai Lakorapo

Kompas.com - 11/09/2016, 20:03 WIB
Defriatno Neke

Penulis

BAUBAU, KOMPAS.com - Pasir putih dengan laut yang bening di pantai Lakorapo memberikan pemandangan yang elok di mata. Siapa pun yang datang ke pantai ini akan terasa betah untuk duduk berlama-lama sambil menikmati pemandangan alamnya.

Pantai yang berada di Pulau Makasar, tepatnya di Kelurahan Sukanayo, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara ini sering digunakan warga sekitar untuk bertamasya.

Bahkan pemerintah kota Baubau pun menggunakan pantai Lakorapo sebagai ajang Festival Pantai Pulau Makasar setiap tahunnya.

“Pantai ini bagus sekali. Kami sering bersama keluarga untuk datang piknik sambil bakar ikan di pantai ini. Apalagi lokasinya di pulau kecil jadi terasa nyaman saja,” kata seorang pengunjung, Darmono, Sabtu (10/9/2016).

Pantai Lakorapo ini tidak terlalu memanjang, selebihnya dipenuhi dengan pantai biasa dengan karang yang indah. Sebagian besar penghuni Pulau Makasar ini pekerjaannya adalah nelayan.

Menurut seorang warga Pulau Makassar, Bayu, pantai Lakorapo setiap tahun digunakan pemerintah kota untuk menggelar acara Festival Pantai Pulau Makasar. Bahkan ajang festival tersebut telah masuk dalam kalender nasional.

“Kalau sudah acara festival, pasti ramai sekali. Pantai di sini langsung padat dengan pengunjung. Banyak warga dari kota Baubau juga turut andil meramaikan festival di sini,” ucap Bayu.

KOMPAS.com/DEFRIATNO NEKE Pemandangan pantai Lakorapo, Pulau Makassar, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara dalam acara Festival Pantai Pulau Makassar beberapa waktu lalu.
Bayu memaparkan, dalam festival tersebut, banyak dilakukan berbagai lomba seperti panjat pinang hingga main bola kaki di pantai.

Menurut Bayu, Pulau Makasar akan dijadikan tempat destinasi wisata Kota Baubau. “Saya dengar begitu (tempat wisata). Di sini juga ada Sultan Buton yang dimakamkan di pulau ini. Warga di sini sangat berharap pulau ini jadi tempat wisata,” ujarnya.

Untuk menuju ke Pulau Makassar bisa menggunakan perahu kecil dengan waktu tempuh sekitar 25 menit dari Kota Baubau dengan tarif sekitar Rp 5.000 per orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com