Kompas.com - 12/09/2016, 15:06 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com - Momen sunrise selalu membawa aura positif bagi penikmatnya. Saat semburat kuning keemasan muncul dari ufuk timur, hari baru pun dimulai. Sinar Sang Surya menghangatkan tubuh serta sanubari.

Dengan deretan pantai dan barisan pegunungan, DI Yogyakarta adalah lokasi yang tepat untuk berburu sunrise. Dihimpun KompasTravel, berikut lima tempat terbaik melihat momen matahari terbit di DI Yogyakarta.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Sesuai namanya, Nglanggeran adalah nama gunung api purba yang berbentuk bongkahan batu raksasa. Gunung yang terletak di Patuk, Kabupaten Gunungkidul ini bisa didaki dengan waktu tempuh 1-1,5 jam.

Bagian timur puncak Gunung Api Purba Nglanggeran adalah spot terbaik menanti sunrise. Lebih baik mendaki sekitar pukul 04.00 WIB, agar mendapatkan spot terbaik dan tidak ketinggalan semburat cahaya yang perlahan keluar dari ufuk timur.

Sebaliknya, bagian barat puncak Gunung Api Purba Nglanggeran adalah tempat terbaik melihat sunset alias matahari terbenam. Matahari akan tenggelam di ufuk barat, cahaya keemasan kemudian berubah menjadi gemerlap lampu Kota Jogja dari kejauhan. 

Gunung Merapi 

Letusan masif Gunung Merapi pada 2010 lalu rupanya tidak menimbulkan trauma bagi masyarakat lokal dan wisatawan. Selain adanya Merapi Lava Tour, gunung ini masih ramai didaki. Pemandangan matahari terbit dari puncaknya tetap menjadi primadona para pendaki.

Juara.net/Tulus Muliawan Gunung Merapi
Anda bisa mendaki Gunung Merapi dari dua jalur, yakni Selo (utara) dan Babadan (barat). Anda disarankan kemping di puncak, agar tidak ketinggalan momen matahari terbit. 

Kebun Buah Mangunan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.