Mau Makan Sate Kambing? Ini 5 Pilihan Warung Sate Kambing

Kompas.com - 12/09/2016, 20:03 WIB
Sate klatak Bari di Pasar Jejeran, Wonokromo, Pleret, Bantul, DI Yogyakarta. KOMPAS.COM/WIJAYA KUSUMASate klatak Bari di Pasar Jejeran, Wonokromo, Pleret, Bantul, DI Yogyakarta.
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com - Masakan olahan kambing identik hadir pada perayaan Idul Adha seperti saat ini. Salah satu yang diburu dan dimasak adalah sate. Ada banyak warung makan yang mengolah sate kambing di Indonesia. Berikut beberapa warung yang mengolah sate kambing khas daerahnya.

Sate Kambing Warung Pak Maman

Tiap malam, parkiran Kober, begitu warga sekitar menyebut Taman Pemakaman Umum (TPU) Petamburan, Jakarta Pusat, ramai orang. Suasana di akhir pekan lebih semarak lagi.

Bukan ramai oleh ziarah kubur. Kehadiran orang-orang itu malam-malam di kuburan untuk makan sate, sop, dan gulai kambing. Ya, di parkiran TPU Petamburan yang terletak di Jalan Aipda K.S. Tubun, persis seberang pom bensin, ada kedai tenda yang menawarkan sate, sop, dan gulai kambing yang oke punya rasanya.

Nama kedainya Warung Pak Maman. Warung tenda milik Maman ini buka setiap hari dari jam 5 sore sampai 12 malam. Cuma saran saja, jangan datang pas jam makan malam, antara pukul 7 sampai 9 malam, ya. Pengunjungnya membeludak, sampai antre.

Selengkapnya bisa baca di artikel: Sate Kambing nan Sedap Perpaduan Betawi dan Arab

Sate Kambing Kardjan

Sate buntel nikmat saat disantap berselang-seling dengan sate kambing yang tak kalah gurihnya. Sate kambing Kardjan berbahan khusus: daging dari paha kambing sehingga minim lemak.

Sate Kardjan sebenarnya menyediakan beragam sate lainnya, seperti sate sapi dan sate ayam. Juga beragam sop, tongseng, dan gulai. ”Tapi, yang banyak dicari itu sate buntel dan sate kambing,” kata Sri Karsini (78), anak Kardjan.

Bagi yang belum pernah mampir ke Sate Kardjan, sebenarnya gampang-gampang susah mencapai tempat ini. Lokasinya agak tersembunyi, persis di belakang Restoran Mandarin di dekat Stasiun Kereta Api di Jalan Kebun Kawung.

Selengkapnya bisa baca di artikel: Sebungkus Teka-teki Sate Buntel Kardjan

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X