Kompas.com - 13/09/2016, 16:20 WIB
Pelepasan 71 penyu ke Laut China Selatan menandai peluncuran Bangka Cultural Wave di Pantai Tongaci Sungailiat, Kabupaten Bangka, Babel, Kamis (8/9/2016). BCW berlangsung hingga 12 September 2016. ARSIP BIRO HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK KEMENPARPelepasan 71 penyu ke Laut China Selatan menandai peluncuran Bangka Cultural Wave di Pantai Tongaci Sungailiat, Kabupaten Bangka, Babel, Kamis (8/9/2016). BCW berlangsung hingga 12 September 2016.
|
EditorI Made Asdhiana

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Kisah heroik perjalanan Laksamana Cheng Ho ke Nusantara diabadikan di Pantai Tong Aci Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Peluncuran salah satu jalur samudera Cheng Ho di Pantai Tong Aci itu, sekaligus memunculkan ikon baru pariwisata bahari di Indonesia.

Saat acara peresmian, pergelaran budaya disajikan. Memperingati 600 tahun perjalanan Cheng Ho, terhitung sejak tahun 1416 sampai 2016.

Upaya menghadirkan kembali kultural Cheng Ho tersebut, dimeriahkan juga konser musik dan tari dunia yang diikuti perwakilan dari sembilan negara.

Sebuah museum yang ada di Pantai Tong Aci Sungailiat turut diresmikan guna menambah pengetahuan para wisatawan. Tak ketinggalan puluhan penyu dilepaskan untuk hidup di alam bebas.

Bupati Bangka, Tarmizi mengatakan, pengembangan destinasi wisata bernilai sejarah sejalan dengan program pelestarian budaya sekaligus memudahkan promosi.

ARSIP BIRO HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK KEMENPAR Serangkaian pertunjukan musik dan tari yang dibawakan seniman regional dan internasional tampil dalam Bangka Cultural Wave yang digelar di Pantai Tongaci Sungailiat, Kabupaten Bangka, Babel, 8-12 September 2016.
“Potensi daerah kami kembangkan melalui pariwisata. Saat ini sedang diupayakan agar masuk kawasan ekonomi khusus pariwisata Indonesia,” ujar Tarmizi, Selasa (13/9/2016).

Sebagaimana diketahui, Laksamana Cheng Ho merupakan pimpinan armada laut kekaisaran China yang pernah mendatangi Kepulauan Nusantara untuk berdiplomasi dan konon pernah singgah di Kepulauan Bangka Belitung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.