Kompas.com - 13/09/2016, 17:14 WIB
Pengunjung bersantai di Pantai Terentang, Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. KOMPAS.com/HERU DAHNURPengunjung bersantai di Pantai Terentang, Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
|
EditorI Made Asdhiana

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Pantai Terentang di Desa Terentang, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kini muncul sebagai salah satu destinasi wisata yang mulai diperhitungkan.

Daya tarik Pantai Terentang didukung lokasi yang strategis, menarik minat dari kalangan wisatawan maupun para pengendara yang sekadar singgah untuk melepas lelah.

Pantai ini merupakan bagian dari garis pantai timur yang membentang di sepanjang Pulau Bangka.

Lokasinya terbilang strategis. Berada persis di pinggir jalan raya yang menghubungkan Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka Tengah serta Kabupaten Bangka Selatan.

KOMPAS.com/HERU DAHNUR Pengunjung bersantai di bawah pepohonan di Pantai Terentang, Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Berbagai fasilitas mulai dibangun guna memberi kenyamanan bagi pengunjung. Ada taman berlantai paving blok, wall climbing, toilet lapangan parkir yang luas, gazebo serta fasilitas penunjang lainnya.

Dengan adanya berbagai fasilitas membuat pengunjung punya banyak pilihan saat berada di Pantai Terentang. Selain bermain pasir dan berenang di laut, pengunjung juga bisa melawan gravitasi di papan panjat atau bersantai di taman bersama para kolega.

“Kondisi pantai yang masih relatif bersih membuat kita merasa betah,” kata seorang pengunjung, Meita Janiarti, kepada Kompas.com, Minggu (11/9/2016).

Unggulan Daerah

Pemerintah daerah mengembangkan Pantai Terentang sebagai destinasi wisata yang bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat. Pepohonan hijau sengaja ditanam di sepanjang pantai, mendatangkan kesan teduh sekaligus sebagai tempat bersantai. Pantai ini tidak memiliki bebatuan besar, seperti pantai lainnya di Bangka.

KOMPAS.com/HERU DAHNUR Taman dan papan panjat di Pantai Terentang, Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Hingga saat ini, belum ada biaya resmi yang dikenakan terhadap pengunjung pantai. Hanya saja, ada biaya parkir sebesar Rp 5.000 yang ditujukan bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan roda empat.

Sebagai salah satu tujuan wisata keluarga, Pantai Terentang punya rekor tersendiri yakni pernah dijadikan lokasi pengamatan gerhana matahari total, beberapa waktu lalu.

Sinergi antara pemerintah kabupaten dan pemerintah provinsi sangat diharapkan untuk memajukan lokasi wisata di Pantai Terentang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.