Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajang Balap Sepeda Tour de Linggarjati Lewati Obyek Wisata Kuningan

Kompas.com - 13/09/2016, 20:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rute ajang balap sepeda Tour de Linggarjati 2016 direncanakan akan melewati sejumlah obyek wisata di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Pemerintah Kabupaten Kuningan selaku penyelenggara mengharapkan obyek-obyek wisata tersebut bisa terpromosikan.
 
"Obyek wisata yang dilewati adalah Rumah Perundingan Linggarjati, Waduk Darma, dan Cibulan," kata Bupati Kuningan Acep Purnama dalam jumpa pers Launching Tour de Linggarjati di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (13/9/2016).
 
 
Informasi yang dihimpun KompasTravel, gedung Perundingan Linggarjati adalah obyek wisata berupa kompleks seluas 2,4 hektar dan berada di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. Adapun Rumah Perundingan Linggarjati merupakan titik awal dimulainya Tour de Linggarjati.
 
Sementara, Waduk Darma berada di bawah kaki Gunung Ciremai, sekitar 715 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan terletak sekitar 12 kilometer (km) di barat daya pusat kota Kuningan.
 
Obyek wisata Cibulan terletak di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana. Obyek wisata itu menyajikan suasana alam berpadu dengan keunikan Ikan Dewa dan Sumur Tujuh-nya.

KOMPAS/RINI KUSTIASIH Badra (65), pemandu wisata di Kompleks Wisata Air Sumur Tujuh Cibulan di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, beberapa waktu lalu menunjukkan salah satu mata air yang oleh warga setempat disebut sumur, yang bersumber dari akar pepohonan.
Acep mengatakan, Tour de Linggarjati adalah sebuah keinginan masyarakat untuk mempromosikan Kabupaten Kuningan melalui acara balap sepeda.

Acep berharap melalui Tour de Linggarjati, Kabupaten Kuningan dapat dikenal hingga dunia internasional.

Pelaksanaan TdL 2016 akan dimulai dari Gedung Naskah Perundingan Linggarjati, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Pesepeda akan menempuh rute sepeda sepanjang 245 kilometer, melewati 20 kecamatan dan 200 desa di Kabupaten Kuningan.

Dalam TdL, para atlet balap sepeda akan memperebutkan titel juara dengan total hadiah sebesar Rp 500 juta. TdL 2016 melombakan tiga kelas yakni Individual Time Trial (ITT), Road Race/Circuit Race dan Criterium untuk elite (senior), junior, dan youth (pemula).

Event balap sepeda Tour de Linggarjati yang akan digelar pada 28-30 Oktober 2016 akan diikuti oleh 10 tim pesepeda luar negeri. Pesepeda yang sudah mengonfirmasi ikut serta adalah dari Singapura, Vietnam, Singapura, dan Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com