Tips Mencari Hotel di Yogyakarta Saat Musim Liburan

Kompas.com - 15/09/2016, 13:12 WIB
Dok. Santika Premiere Jogja Kamar di Hotel Santika Premiere Jogja

JAKARTA, KOMPAS.com - Yogyakarta kerap menjadi destinasi liburan wisatawan nusantara. Hal itu terbukti dengan tingginya tingkat hunian hotel di Yogyakarta.

Public Relations Hotel Santika Premiere Jogja Satri N mengatakan tingkat hunian di hotelnya kerap penuh pada musim liburan. Tingkat hunian hotel di Yogyakarta menurut Satri mencapai 80 persen pada musim liburan sekolah atau akhir pekan panjang.

Nah, lalu bagaimana agar tetap bisa berlibur dan menginap di hotel sekitar Yogyakarta saat musim liburan? Director of Sales Hotel Santika Premiere Jogja, Dono Prasetyo dan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Istidjab M Danunagoro berbagi tips memilih hotel di Yogyakarta pada musim liburan.

Cek Online Travel Agent (OTA)

Musim liburan menurut Istidjab adalah masa-masa peak season yang terlihat dengan tingginya tingkat hunian hotel. Ia menyarankan wisatawan untuk memesan lewat OTA.

Wisatawan bisa mengecek harga, kelas hotel, fasilitas hotel yang dimiliki, dan memesan kamar. Menurut Istidjab, dengan bantuan OTA, wisatawan tak perlu berkeliling hotel untuk mencari kamar.

Cari hotel di luar lokasi Ring 1 Yogyakarta

Di Yogyakarta dikenal memiliki zonasi hotel yang ditentukan dari jauh dekatnya Keraton Yogyakarta. Dono mengatakan jika hotel-hotel di seputar Jalan Malioboro yang termasuk Ring 1 penuh, wisatawan bisa mencari di zona Ring 2 dan 3.

Dono menyebutkan, zona Ring 2 terletak selepas Monumen Tugu Yogyakarta sekitar 2-3 kilometer ke sisi luar. Sementera zona Ring 3 terletak di daerah Kaliurang hingga Bantul.

Istidjab menjelaskan, terdapat banyak hotel-hotel non bintang yang tak terhubung dengan OTA di area luar Kota Yogyakarta. Ia menyebutkan terdapat 1.100 hotel non bintang yang berjumlah total 13.500 kamar yang tersebar di Kaliurang atau yang terdekat dari Keraton Yogyakarta seperti di Prawirotaman 3.

Pesan minimal seminggu

Ada baiknya memesan hotel seminggu sebelum berangkat ke Yogyakarta. Dono menyebut, waktu satu minggu itu adalah waktu terbaik untuk memesan kamar hotel bagi wisatawan yang menggunakan mobil pribadi saat berwisata di Yogyakarta.

Dono menambahkan, untuk wisatawan yang menggunakan kendaraan umum untuk menuju dan berkeliling Yogyakarta ada baiknya memesan kamar hotel lebih dari seminggu sebelum keberangkatan. Hal itu mengantisipasi wisatawan tak dapat kamar hotel dan mesti berkeliling dari hotel ke hotel.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorNi Luh Made Pertiwi F

Close Ads X