Kompas.com - 15/09/2016, 21:04 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Seorang sarjana teknik, Naveen Rabelli baru saja tiba di Inggris usai perjalanan selama tujuh bulan dari negeri asalnya yaitu India.

Naveen melakukan perjalanan menggunakan bajaj yang bagian belakangnya dimodifikasi sedemikian rupa, sehingga memuat tempat tidur dan rak untuk menyimpan barang.

Selama tujuh bulan itu, Naveen telah melewati sekitar 9.600 Km dari India melintasi Iran, Turki, Bulgaria, Serbia, Austria, Swiss, Jerman, dan Perancis.

PHILLIP TOSCANO/PA Naveen adalah seorang India yang menjadi warga negara Australia. Di Negeri Kanguru, ia menjadi insinyur yang bergerak di bidang otomotif. Tak heran bajaj miliknya dimodifikasi sedemikian rupa.
Mengutip situs Lonely Planet, Naveen sempat kelimpungan karena paspornya dicuri saat dirinya sedang berada di Perancis. Waktu itu dia sedang menumpang toilet McDonalds yang berada di dekat Kota Paris. 

"Inti dari perjalanan ini adalah betapa banyak orang yang senantiasa membantu saya sepanjang perjalanan. Mereka suka tuk tuk atau bajaj ini, terutama di Iran dan banyak negara lainnya," tutur Naveen seperti dikutip dari Press Association.

Naveen adalah seorang India yang menjadi warga negara Australia. Di Negeri Kanguru, ia menjadi insinyur yang bergerak di bidang otomotif. Tak heran bajaj miliknya dimodifikasi sedemikian rupa. 

PHILLIP TOSCANO/PA Pria itu memang sedang mengembangkan bajaj ramah lingkungan dengan menggunakan panel surya sebagai tenaga pengerak. Ini akan menjadikan lalu lintas di India semakin menyenangkan, tidak berisik seperti sekarang.

Bagian depan bajaj dicat warna merah. Bagian belakangnya mirip mobil boks, dengan panel surya di tiga tempat. Panel surya inilah yang menjadi tenaga penggerak bajaj milik Naveen.

Pria itu memang sedang mengembangkan bajaj ramah lingkungan dengan menggunakan panel surya sebagai tenaga pengerak. Ini akan menjadikan lalu lintas di India semakin menyenangkan, tidak berisik seperti sekarang.

Sepanjang perjalanan, Naveen didatangi banyak orang yang ingin berfoto dan selfie

"Kemudian saya bilang, tidak perlu bahan bakar kan untuk meledakkan imajinasi Anda," candanya.

*****

KompasTravel kembali menghadirkan kuis "Take Me Anywhere 2". Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam.

Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Mau Liburan Gratis di Yogyakarta? Ikuti Kuis "Take Me Anywhere 2"

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.