Kompas.com - 16/09/2016, 10:21 WIB
EditorI Made Asdhiana

PALU, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah akan menetapkan Kepulauan Togean di Kabupaten Tojo Unauna sebagai salah satu destinasi wisata unggulan yang akan dikembangkan secara intensif.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulawesi Tengah, Hj. Siti Norma Mardjanu di Palu, Kamis (15/9/2016), mengatakan Togean dipilih sebagai destinasi unggulan karena wilayah kepulauan itu telah masuk sebagai kawasan strategis nasional serta kawasan strategis pariwisata.

Selain itu, menurut Norma, potensi wisata Togean telah diakui oleh pemerintah pusat, sehingga diberikan beberapa penghargaan dan pengakuan sebagai daerah wisata.

Oleh karena itu, Pemprov Sulteng akan segera menetapkan kawasan tersebut sebagai destinasi unggulan lewat Peraturan Gubernur Sulawesi Tengah tentang destinasi wisata.

"Bulan depan diperkirakan peraturan gubernur tentang destinasi wisata telah selesai disusun oleh Biro Hukum Setprov Sulteng," jelasnya.

Siti Norma Mardjanu memaparkan, Pemprov Sulteng akan menggandeng pemerintah pusat mengembangkan kawasan wisata Kepulauan Togean, baik dari sisi promosi maupun dukungan anggaran untuk pembangunan sarana dan prasarana wisata.

"Kami akan berupaya untuk membenahi serta melengkapi seluruh infastruktur penunjang wisata serta sarananya agar wisatawan merasa nyaman," katanya.

Selain Kepulauan Togean dengan keindahan taman lautnya yang sudah terkenal di dunia, Pemprov Sulteng juga akan menetapkan Lembah Besoa di Kecamatan Lore Tengah, Kabupaten Poso, sebagai salah satu destinasi wisata budaya.

DOK INDONESIA.TRAVEL Taman Nasional Kepulauan Togean di Sulawesi Tengah.
Di Lembah Besoa, lanjut Norma, terdapat berbagai situs megalitikum tertua dan terunik di Indonesia. Di lembah tersebut juga terdapat patung megalitikum Tadulako yang tidak berjauhan dengan Desa Doda, serta berbagai patung megalitikum lainnya di kawasan cagar budaya Pokekea.

Hampir semua desa di Lembah Besoa itu terdapat peninggalan berupa patung megalitikum yang nantinya akan dimanfaatkan untuk menarik kunjungan wisatawan mancanegara.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber ANTARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.