Aceh, NTB, dan Sumbar Bersaing Ketat dalam Penghargaan Pariwisata Halal

Kompas.com - 21/09/2016, 17:05 WIB
Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Wisata Halal, Riyanto Sofyan memberikan sambutan dalam Jumpa Pers KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJOKetua Tim Percepatan dan Pengembangan Wisata Halal, Riyanto Sofyan memberikan sambutan dalam Jumpa Pers "Pengumuman Pemenang Kompetisi Pariwisata Halal Tingkat Nasional 2016" di Hotel Sofyan, Jakarta, Rabu (21/9/2016).
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com — Tiga provinsi di Indonesia mendominasi penghargaan Anugerah Pariwisata Halal Terbaik 2016. Tiga provinsi yang bersaing ketat tersebut adalah Aceh, Nusa Tenggara Barat, dan Sumatera Barat.

Provinsi Sumatera Barat memenangi empat kategori, yakni untuk Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik, Destinasi Wisata Halal Terbaik, Restoran Halal Terbaik, dan Destinasi Kuliner Terbaik.

Nusa Tenggara Barat (NTB) memenangi kategori Resort Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, dan Kuliner Halal Khas Terbaik.

Sementara itu, Provinsi Aceh memenangi kategori Bandara Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, dan Daya Tarik Wisata Terbaik.

Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Pariwisata Halal (TP3H), Riyanto Sofyan, mengatakan, para provinsi pemenang ini dipilih oleh 115.462 orang lewat voting. Ia mengatakan, antusiame pemilih tersebut dipandang melampaui target awal, yaitu 50.000 pemilih.

"Untuk penentuan peserta, kami ada persyaratannya. Pertama, izin usaha restoran atau hotel. Kedua, sertifikasi halal karena ini jaminan wisata halal. Lalu pencapaian-pencapaian daerah. Kemudian karakteristik umum setiap daerah," ujar Riyanto dalam acara jumpa pers Pengumuman Pemenang Kompetisi Pariwisata Halal Tingkat Nasional 2016, di Hotel Sofyan, Jakarta, Rabu (21/9/2016).

Riyanto menambahkan, tim penyelenggara kompetisi juga telah mengecek langsung ke lokasi-lokasi yang menjadi pemenang penghargaan. Adapun periode pemilihan pemenang dilakukan sejak tanggal 15 Agustus hingga 15 September 2016.

Berikut daftar pemenang-pemenang Kompetisi Anugerah Pariwisata Halal Terbaik 2016.

1. Airport Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, Aceh.

2. Hotel Keluarga Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: The Rhadana, Kuta, Bali.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X