Aceh, NTB, dan Sumbar Bersaing Ketat dalam Penghargaan Pariwisata Halal - Kompas.com

Aceh, NTB, dan Sumbar Bersaing Ketat dalam Penghargaan Pariwisata Halal

Kompas.com - 21/09/2016, 17:05 WIB
KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Wisata Halal, Riyanto Sofyan memberikan sambutan dalam Jumpa Pers "Pengumuman Pemenang Kompetisi Pariwisata Halal Tingkat Nasional 2016" di Hotel Sofyan, Jakarta, Rabu (21/9/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com — Tiga provinsi di Indonesia mendominasi penghargaan Anugerah Pariwisata Halal Terbaik 2016. Tiga provinsi yang bersaing ketat tersebut adalah Aceh, Nusa Tenggara Barat, dan Sumatera Barat.

Provinsi Sumatera Barat memenangi empat kategori, yakni untuk Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik, Destinasi Wisata Halal Terbaik, Restoran Halal Terbaik, dan Destinasi Kuliner Terbaik.

Nusa Tenggara Barat (NTB) memenangi kategori Resort Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, dan Kuliner Halal Khas Terbaik.

Sementara itu, Provinsi Aceh memenangi kategori Bandara Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, dan Daya Tarik Wisata Terbaik.

Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Pariwisata Halal (TP3H), Riyanto Sofyan, mengatakan, para provinsi pemenang ini dipilih oleh 115.462 orang lewat voting. Ia mengatakan, antusiame pemilih tersebut dipandang melampaui target awal, yaitu 50.000 pemilih.

"Untuk penentuan peserta, kami ada persyaratannya. Pertama, izin usaha restoran atau hotel. Kedua, sertifikasi halal karena ini jaminan wisata halal. Lalu pencapaian-pencapaian daerah. Kemudian karakteristik umum setiap daerah," ujar Riyanto dalam acara jumpa pers Pengumuman Pemenang Kompetisi Pariwisata Halal Tingkat Nasional 2016, di Hotel Sofyan, Jakarta, Rabu (21/9/2016).

Riyanto menambahkan, tim penyelenggara kompetisi juga telah mengecek langsung ke lokasi-lokasi yang menjadi pemenang penghargaan. Adapun periode pemilihan pemenang dilakukan sejak tanggal 15 Agustus hingga 15 September 2016.

Berikut daftar pemenang-pemenang Kompetisi Anugerah Pariwisata Halal Terbaik 2016.

1. Airport Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, Aceh.

2. Hotel Keluarga Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: The Rhadana, Kuta, Bali.

3. Resort Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Novotel Lombok Resort & Villas, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

4. Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik: Ero Tour, Sumatera Barat.

5. Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Wonderful LombokSumbawa.com, NTB.

6. Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Lembah Sembalun, Lombok Timur, NTB.

7. Operator Haji & Umroh Terbaik: ESQ Tours Travel, Jakarta Selatan.

8. Destinasi Wisata Halal Terbaik: Sumatera Barat.

9. Destinasi Kuliner Terbaik: Sumatera Barat

10. Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Aceh

11. Sentra Kuliner Halal Terbaik: Kantin Salman ITB Bandung, Jawa Barat.

12. Pusat Belanja Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Botani Square, Bogor, Jawa Barat.

13. Restoran Halal Terbaik: Rumah Makan Lamun Ombak, Padang, Sumatera Barat.

14. Daya Tarik Wisata Terbaik: Masjid Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh.

15. Kuliner Halal Khas Daerah Terbaik: Ayam Taliwang Moerad, Nusa Tenggara Barat.

*****

KompasTravel kembali menghadirkan kuis "Take Me Anywhere 2". Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam.

Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangi hadiah smartphone. Klik link berikut: Cara Mudah Dapatkan Liburan Gratis di Yogyakarta Bareng "Take Me Anywhere 2"


EditorSri Anindiati Nursastri

Close Ads X