Kompas.com - 22/09/2016, 18:11 WIB
Jatuh Bangun Menjajal “Snowboarding” di Australia
Kompas.com/Anne Anggraeni FathanaJatuh Bangun Menjajal “Snowboarding” di Australia
|
EditorPalupi Annisa Auliani

KOMPAS.com – Bruk... Awww... Kombinasi dua suara itu lumayan sering bergaung di kawasan Gunung Buller, Victoria, Australia. Semakin banyak adrenalin terpacu dan tawa terdengar, makin sering pula suara itu menggema.

Inilah lokasi pelatihan snowboarding alias meluncur menggunakan papan di atas salju. Lokasi ini juga punya pemandangan yang menggoda mata.

Saat bertandang ke sana, Kompas.com sempat menjajal kemampuan “menyetir” papan seluncur yang licin itu. Betul, hasilnya kombinasi dua suara itu terdengar.

Tergelincir dan jatuh menjadi gerakan tak terelakkan bagi kami, para pemula. Ya, sebenarnya kurang tepat bila memulai belajar snowboarding tanpa pernah main ski terlebih dahulu.

Menurut Dany, pelatih snowboarding Gunung Buller, perkenalan pertama untuk menjaga keseimbangan di atas salju lebih gampang didapat dari meluncur di atas papan ski.

Belajar main ski pun terhitung lebih mudah karena pemain berpijak dengan kedua kaki.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, snowboarding satu tingkat lebih sulit. Permainan menuntut seseorang mampu tetap seimbang dengan bertumpu di atas sebuah papan seluncur es.

Snowboard kemudian disetir oleh kelihaian gerak tubuh pemain. Badan wajib berdiri tegak sembari merentangkan tangan agar arah luncuran tetap lurus.

Berbelok ke kanan dan kiri bisa dilakukan dengan memutar tubuh sambil memiringkan lutut sesuai arah. Selama bermain, berat badan ditumpukan pada tumit untuk mengatur laju papan.

Pelatihan pagi itu berawal dari area agak datar yang disebut Bourker St Carpet. Namun, kemampuan baru ditantang ketika pelatih membawa kami menaiki Blue Bullet Skyline ke atas bukit Bourke Street.

(Baca jugaCukup Rp 7 Juta-an Pergi Pulang ke Australia Pakai Garuda)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.