Kagum Kembangkan Hotel Syariah di 7 Kota Termasuk Bali

Kompas.com - 25/09/2016, 19:03 WIB
Grand Seriti Madani Jogja ARSIP KAGUM HOTELSGrand Seriti Madani Jogja
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Jaringan hotel Kagum Group akan mengembangkan konsep hotel syariah. Hal itu ditindaklanjuti dengan rencana pembukaan tujuh hotel berkonsep syariah di berbagai kota di Indonesia.

"Kita akan bangun tujuh hotel berbasis syariah di tahun depan. Kebetulan tiga hotel akan diutamakah dibuka pada bulan Maret," kata Chairman & Chief Executive Officer (CEO) Kagum Group, Henry Rusada saat dihubungi KompasTravel, Jumat (23/9/2016).

Ia menyebutkan, tiga hotel tersebut berlokasi di Bali, Palembang, dan Lampung. Adapun hotel-hotel yang dibuka adalah Grand Seriti Madani Bandung dengan bintang empat, Bandar Lampung dengan bintang empat, dan hotel syariah Golden Zamzam berbintang lima.

"Tiga empat kota lainnya ada di Bandung, Cilegon, Cirebon, Yogyakarta. Semua hotel itu bintang 4 kecuali yang di Bali bintang lima," jelasnya.

Menurutnya, perkembangan hotel syariah di Indonesia adalah hal penting. Pasalnya, seperti konektivitas antar Indonesia dan negara-negara Timur Tengah sudah terbangun.

"Kenapa kami mau mengembangkan hotel syariah? Indonesia tidak dikenal syariah dan di sini hanya ada hotel konvensional. Kami mau hotel syariah di Indonesia dikenal di luar negeri. Misalnya konektivitas di Bali, Etihad sudah terbang dari Timur Tengah ke Bali dan Jakarta," tambah Henry.

Untuk persyaratan hotel syariah, ia menegaskan akan berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia sebagai penerbit sertifikat halal. Ia menyebutkan hotel-hotel syariah di Kagum Group akan menempatkan standar penilaian hotel syariah seperti musala, penyuguhan makan bersertifikat halal, minuman non-alkohol, hingga kolam renang syariah.

"Untuk kolam renangnya kita buat di dalam ruangan tertutup. Konsepnya kita bagi jam pemakaian antara laki-laki dan perempuan. Misalnya jam 07.00 - 10.00 WIB digunakan wanita, jam 10.00 - 15.00 WIB itu laki-laki. Semua kolam renangnya akan tertutup," ujarnya.

Sementara untuk azan, lanjut Hendri akan berkumandang di wilayah lobi, restoran, hingga kamar tamu hotel. Hal itu akan mengingatkan tamu hotel untuk melaksanakan ibadah bagi pemeluk agama muslim.

Hingga kini, Kagum Group memiliki puluhan, mulai bintang dua hingga lima dengan mengusung empat brand yakni Serela, Seriti, Golden Flower, dan Zodiak. Puluhan hotel tersebut menyebar ke sejumlah kota, mulai dari Bandung Bali, Bandar Lampung, Palembang, Jakarta, Yogyakarta, Cilegon, Raja Ampat, dan Cirebon.

***

KompasTravel kembali menghadirkan kuis "Take Me Anywhere 2". Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam.

Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Gratis Liburan Seru di Yogyakarta, Mau?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X