Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2016, 21:06 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

GERALDTON, KOMPAS.com - Suasana Geraldton Foreshore Multipurpose Center, Australia Barat, pada siang itu tampak ramai. Sejumlah pengunjung berkerumun di stan-stan yang menyajikan beragam kuliner Indonesia.

Sate kembali menjadi yang terfavorit pada Indonesian Culinary and Promotion Wonderful Indonesia yang diselenggarakan di Geraldton, Australia Barat, Minggu (25/9/2016). Kali ini Sate Maranggi. Antrean di stan tempat sate tersebut dibagikan pun tampak paling panjang. Beberapa orang bahkan tampak memegang lebih dari satu tusuk sate.

"Dia suka satenya," ujar William, seorang ibu yang mengajak putranya, Lucas berusia dua tahun ke acara tersebut.

Ia tampak sibuk menyuapi sate kepada putranya. Lucas terlihat menyukai makanan tersebut karena teksturnya yang lembut. Sate menjadi makanan favorit keluarga kecil William. Begitu juga kari ayam. Pasalnya, cerita William, makanan-makanan tersebut dianggap lezat.

Adapun untuk kari, berbeda dengan kari yang beredar di Australia. Kari Indonesia dianggap memiliki cita rasa yang khas. Digelar tak jauh dari garis pantai, acara Wonderful Indonesia dipadati pengunjung.

KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Suasana Indonesian Culinary and Promotion Wonderful Indonesia di Geraldton, Australia Barat, Minggu (25/9/2016). Pengunjung juga dipersilakan mengambil gambar ala Instagram dan membawa pulang hasil cetaknya secara gratis.
Masyarakat setempat dan juga masyarakat luar Geraldton yang berkunjung sangat antusias mencoba kuliner-kuliner khas Indonesia. Beberapa kuliner Indonesia lainnya adalah Ayam Andaliman, Rendang, Ikan Arsik, Kolak Pisang, Lappet, Lupis, dan Risol.

Minuman Jahe Merah juga diberikan secara gratis. Makanan disediakan dalam bentuk tester dan tidak diperjualbelikan. Sehingga pengunjung yang suka akan penasaran. Jika mau membeli, nantinya pengunjung akan diberitahu daftar katering masakan Indonesia yang membuatnya untuk kemudian membeli langsung.

Pemilik Event Organizer Easy Event Perth, Ratna Hartoyo, menjelaskan mayoritas masyarakat yang datang ke event tersebut adalah masyarakat Geraldton dan Kalbari (sekitar 300 kilometer dari Geraldton). Easy Event Perth merupakan event organizer yang mengelola Indonesian Culinary and Promotion Wonderful Indonesia.

Hampir semua masyarakat di dua kota tersebut sudah bepergian ke Bali beberapa kali. Sehingga promosi kuliner Indonesia ke daerah Geraldton adalah bagian untuk semakin mendekatkan mereka dengan Indonesia. Promosi Indonesia di wilayah utara Australia Barat juga dinilai masih kurang.

KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Pemenang tiket wisata ke Indonesia bersama Kepala Bidang Festival Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata Indonesia, Adella Raung, pada acara Indonesian Culinary and Promotion Wonderful Indonesia yang diselenggarakan di Geraldton, Australia Barat, Minggu (25/9/2016).
"Kebanyakan (promosi) di daerah Perth. Padahal di sini justru lebih potensial karena banyak orang-orang mining (pertambangan)," ungkap Ratna.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+