Kompas.com - Diperbarui 08/08/2021, 19:26 WIB
Provinsi Nakorn Phanom, Thailand, 2010. Di perbatasan Thailand-Laos, ada patung gajah berukuran besar yang menjadi simbol teritori Thailand. Turis biasanya berfoto di area ini. Chaton Chokpatara/Shutterstock.comProvinsi Nakorn Phanom, Thailand, 2010. Di perbatasan Thailand-Laos, ada patung gajah berukuran besar yang menjadi simbol teritori Thailand. Turis biasanya berfoto di area ini.

CHIANG MAI, KOMPAS.com - Gajah adalah hewan yang dikeramatkan oleh warga Thailand. Negara ini juga memiliki julukan Negeri Gajah Putih atau The Land of White Elephant.

Mengapa disebut demikian? Apakah ada spesies gajah putih? Apakah warna kulit gajah tersebut benar-benar putih layaknya albino?

Baca juga: Mengapa Gajah Menjadi Simbol Nasional Negara Thailand?

Paiboon Pramuankarn, pemandu wisata yang mengantar rombongan trip media bersama Tourism Authority of Thailand (TAT) pun angkat bicara.

Pria yang akrab dipanggil Jack itu menjelaskan, gajah putih merupakan spesies tersendiri yang berbeda dengan albino.

Baca juga: Hotel di Thailand ini Tawarkan Field Trip Virtual Gratis untuk Lihat Gajah

"Gajah putih adalah 'spesies' sendiri. Gajah ini dimiliki oleh para raja di Thailand," tuturnya kepada Kompas.com dalam sebuah liputan di Chiang Mai, Thailand pada September 2016.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia mengisahkan hal itu di sela-sela kunjungan ke Wat Prathat Doi Suthep. Kuil ini ada di atas bukit dengan pemandangan langsung Kota Chiang Mai.

Di salah satu sisi kuil terdapat patung gajah berwarna putih.

Patung gajah putih yang ada di salah satu sisi Wat Prathat Doi Suthep, Chiang Mai, Thailand. Kompas.com/Sri Anindiati Nursastri Patung gajah putih yang ada di salah satu sisi Wat Prathat Doi Suthep, Chiang Mai, Thailand.
"Pertama kali His Majesty King Bhumibol Abdulyadej (Raja Thailand periode 1946-2016) berkuasa, dia punya 22 gajah putih. Sekarang tinggal 10 ekor," papar dia.

Situs Thai Elephant Conservation Centre menyebutkan, saat ini ada enam jantan dan empat betina gajah yang berada di bawah pengawasan Royal Elephant Stable.

Baca juga: Wisata Thailand, 7 Mal Pilihan Bangkok untuk Belanja dan Kulineran

Gajah ini sama sekali tidak berwarna putih tetapi abu-abu layaknya gajah pada umumnya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.