Kompas.com - 27/09/2016, 18:02 WIB
Seekor lumba-lumba saat berinteraksi dengan pengunjung Dolphin Island, Singapura pada Senin (26/9/2016). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMASeekor lumba-lumba saat berinteraksi dengan pengunjung Dolphin Island, Singapura pada Senin (26/9/2016).
|
EditorI Made Asdhiana

SINGAPURA, KOMPAS.com - Singapura merupakan salah satu destinasi wisata di Asia Tenggara yang menjadi favorit turis Indonesia. Singapura memiliki segudang suguhan untuk para wisatawan.

Salah satu tempat wisata yang wajib anda kunjungi adalah Dolphin Island yang berada di kawasan Sentosa Island, Singapura. Di sini anda dapat menikmati atraksi sekaligus bercengkrama secara dekat dengan lumba-lumba jenis hidung botol.

Anda dapat bermain bersama lumba-lumba di laguna yang kedalamannya sebatas pinggang orang dewasa. Tak perlu takut, untuk bermain bersama hewan mamalia laut ini, anda akan didampingi oleh instruktur.

KompasTravel bersama para jurnalis lainnya mendapat kesempatan untuk berinteraksi lebih dekat dengan para lumba-lumba pada Senin (26/9/2016). Pada kesempatan itu, kami mendapat kesempatan bermain bersama lumba-luma bernama Raaka.

Raaka merupakan satu dari sekian banyak lumba-lumba yang ada di area wisata tersebut. Meski telah berusia 18 tahun, Raaka tampak masih piawai untuk membuat pengunjung berdecak kagum dan memberikan tepuk tangan seusai menyaksikan atraksinya.

Petualangan bersama Raaka dimulai setelah seorang instruktur perempuan meniupkan peluitnya sambil membawa ember berisi ikan-ikan kecil untuk makan Raaka. "Raaka, come here," seru instruktur itu.

Dengan sigap, Raaka menghampiri kami sambil memunculkan kepalanya ke permukaan air. Kemudian, sang instruktur langsung memberikan sebuah isyarat menggunakan tangannya sambil kembali meniup peluitnya. Melihat instruksi itu, Raaka kembali menyelam untuk menjauhi kami.

Tak lama berselang kami dikejutkan oleh Raaka yang melakukan aksi akrobatik dengan melompat dengan ketinggian sekitar satu meter dari permukaan air. Secara reflek kami pun berdecak kagum dan langsung memberikan tepuk tangan untuk Raaka.

Sang instruktur kembali memberikan isyarat kepada Raaka seraya meniupkan peluitnya. Isyarat dan lengkingan peluit itu membuat Raaka kembali beraksi ke atraksi selanjutnya, mulai dari berenang dengan gaya terbalik, mengepakkan siripnya sampai menyipratkan air ke kami, berenang miring sembari menepuk-nepukkan sebelah siripnya, mirip seperti sedang melambaikan tangan, hingga menirukan suara sepeda motor.

"Good job Raaka," puji sang instruktur sambil memberi Raaka dua ikan kecil sebagai bentuk hadiah.

Tak cukup sampai di situ, kami juga disuguhkan tingkah lucu nan menggemaskan dari Raaka. Mulai dari mengusap kepala Raaka, mengusap-usap perutnya yang kenyal, menepuk pelan punggungnya yang halus, hingga menari bersama Raaka.

Kali ini, sang instruktur menyuruh kami untuk berputar menirukan penari balet yang sedang beraksi. Tak disangka, rupanya gerakan kami diikuti oleh Raaka yang ikut berputar sambil menegakkan badannya di dalam air.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X