Mengunjungi Derawan, Maratua, Kakaban, Sangalaki dalam Sehari

Kompas.com - 28/09/2016, 15:06 WIB
Keindahan Pulau Maratua, Kalimantan Timur. Barry KusumaKeindahan Pulau Maratua, Kalimantan Timur.
|
EditorI Made Asdhiana

DERAWAN, KOMPAS.com - Pulau Derawan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, maupun pulau-pulau di sekitarnya memiliki magnet kuat.

Pantai pasir putih, banyak nyiur ataulah pinus melambai, tempat memuja keindahan matahari terbit maupun tenggelam. Laut nan biru apalagi bawah airnya, semua sudut itu adalah spot selfie dan wefie.

Nah, untuk mengabadikan semua spot itu bukan tidak mungkin dilakukan dalam satu hari dan dengan ongkos tidak berlebihan.

Sepasang wisatawan, Galih Mulya dari Bandung, Jawa Barat, bepergian dengan Anggita dari Surabaya, Jawa Timur. Keduanya jalan-jalan ke Derawan dan tiga pulau lain di sekitarnya hanya dalam sehari. Galih dan Gita membuktikan Pulau Derawan, Maratua, Kakaban, Sangalaki bisa dinikmati kurang dari 12 jam.

"Semuanya bagus banget. Empat pulau bisa terkejar meski gelombang (lumayan besar)," kata Galih.

KOMPAS/LUKAS ADI PRASETYA Pulau Derawan, pulau andalan pariwisata Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, menyajikan pemandangan bawah air dan atas air yang memesona, Minggu (7/12/2014).
Itu berarti keindahan pantai Derawan dan Maratua, menyaksikan barisan resort dan homestay yang menjorok ke pantai, mengagumi beningnya air laut, menyaksikan gerombolan barakuda dan satwa air lain bermain di antara kaki bangunan di tepi pantai, semua bisa diabadikan.

Lalu bisa berenang sepuasnya dengan ubur-ubur tanpa sengat di Kakaban. Dilanjutkan dengan menyaksikan penangkaran penyu sebelum kembali ke Derawan dan masuk ke penginapan.

"Rencananya berakhir menyaksikan matahari terbit dari Derawan. Tapi tidak kelihatan karena pagi ini hujan," kata Gita.

Perjalanan mengelilingi empat pulau itu rupanya tidak perlu merogoh dana besar. Galih dan Gita merancang perjalanannya sendiri. Modalnya hanya keteguhan hati karena berani tawar menawar dengan para transportasi yang mengantar perjalanan keduanya.

"Saya serahkan soal tawar menawar ke Gita," kata Galih.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X