Gorontalo Gelar Festival Apangi

Kompas.com - 29/09/2016, 09:20 WIB
Parade pakaian adat Gorontalo yang ditampilkan dalam pembukaan Festival Pesona Danau Limboto di Pentadio Resor KOMPAS.com/Rosyid AzharParade pakaian adat Gorontalo yang ditampilkan dalam pembukaan Festival Pesona Danau Limboto di Pentadio Resor
|
EditorI Made Asdhiana

GORONTALO, KOMPAS.com – Festival Apangi atau Apem akan digelar masyarakat Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, sepanjang bulan Muharram ini.

Kegiatan ini merupakan festival kuliner makanan tradisional masyarakat Dembe I yang sejak lama disajikan pada waktu tertentu terutama saat bulan Ramadhan dan hari besar Islam.

Apangi Gorontalo berbahan dasar terigu, gula dan air yang dimasak secara tradisional dengan menggunakan tungku bara.

Untuk menyantap makanan ini, digunakan gula merah yang dicairkan sebagai sausnya.

“Persiapan sedang kami lakukan, kami berharap Festival Apangi ini dapat menjadi daya tarik bangkitnya kuliner tradisional Gorontalo dan mempu membangkitkan ekonomi masyarakat melalui kegiata wisata” kata Zulkarnain Husain, Ketua Panitia Festival Apangi, Rabu (28/9/2016).

KOMPAS.com/ROSYID AZHAR Festival Apangi adalah kegiatan yang murni dilakukan masyarakat Keluarahan Dembe I Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo. Mereka ingin mengenalkan wisata kuliner tradisional kepada wisatawan.
Festival Apangi ini digelar dengan menyajikan kue ini di setiap rumah tangga di Kelurahan Dembe I, Kota Barat,  Kota Gorontalo.

Dembe I merupakan lokasi wisata yang terdapat komplek Benteng Otanaha dan Danau Limboto.

“Wisatawan dapat menikmati kue apangi sambil berwisata di Benteng Otanaha atau di pinggiran danau Limboto. Menikmati apangi di atas benteng Otanaha atau di pinggir danau Limboto memiliki sensasi yang luar biasa. Kita bernostalgia tentang kebesaran masa lalu Gorontalo” jelas Zulkarnain.

Selain itu, pengunjung juga dapat melihat langsung pembuatan kue apangi yang akan dilakukan oleh para ibu rumah tangga.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X