Wisata Kuliner Sampai Belanja, Chiang Mai Night Bazaar Tempatnya

Kompas.com - 29/09/2016, 21:08 WIB
Aneka jajanan unik dan menggugah selera di Chiang Mai Night Bazaar, Chiang Mai, Thailand. KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRIAneka jajanan unik dan menggugah selera di Chiang Mai Night Bazaar, Chiang Mai, Thailand.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

CHIANG MAI, KOMPAS.com - Chiang Mai adalah provinsi yang terletak di utara Thailand. Provinsi dengan ibu kota bernama sama ini punya segudang suguhan untuk wisatawan, dari wisata sejarah, alam, kuliner, hingga belanja.

Salah satu highlight di Kota Chiang Mai adalah pasar malamnya. Chiang Mai Night Market, begitu namanya, membentang sepanjang satu kilometer di Chang Khlan Road. Pasar malam ini buka setiap hari, dan selalu penuh wisatawan hingga tengah malam.

Beberapa waktu lalu KompasTravel mengunjungi Chiang Mai Night Bazaar. Meski baru "terjun" pukul 21.00 waktu Chiang Mai (GMT+7, sama dengan Jakarta), pasar malam ini dipenuhi hiruk-pikuk penjaja barang dan makanan. Butuh waktu sekitar dua jam untuk menyusurinya dari satu sisi ke sisi lainnya.

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Chiang Mai Night Bazaar di Chiang Mai, Thailand. Pasar malam ini buka setiap hari dan selalu jadi favorit wisatawan.

Pada siang hari, Chang Khlan Road dipenuhi deretan gerai restoran seperti Starbucks, Burger King, Haagen Dazs, dan McDonalds. Namun saat malam, hampir semua turis beralih ke penjaja rotee, mango sticky rice, dan tentunya pad thai yang menggugah selera.

Di Chiang Mai Night Bazaar, wisatawan bisa menemukan beragam makanan terutama seafood. Panganan manis juga tersedia, seperti rotee dengan banana nutella sebagai isian favorit. Anda juga bisa memesan rotee isi durian!

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Pisang goreng dengan saus cokelat yang dijual di Chiang Mai Night Bazaar, Chiang Mai, Thailand.

Kalare Night Bazaar dan Asunarn Market adalah dua "anak pasar" di Chiang Mai Night Bazaar. Keduanya terletak bersebelahan, memanjang ke area belakang pasar malam. Dua pasar ini menjadi favorit wisatawan karena banyaknya suvenir yang dijual dengan harga murah.

Celana kain khas Thailand, tas, kaus, kerajinan dari sabun, sandal dan sepatu, sampai aneka pajangan rumah dijual di sini. KompasTravel sempat melakukan tawar-menawar celana kain, dari harga 350 Baht (Rp 131.000) menjadi 200 Baht (Rp 75.000).

Sepanjang Night Bazaar, Anda bisa menemukan gerai smoothie yang sangat khas Chiang Mai. Alih-alih memesan sendiri, di depan gerai berjejer gelas-gelas plastik berisi potongan buah. Harganya sudah terpampang di depan masing-masing gelas. Tinggal tunjuk, buah pun langsung masuk ke dalam blender dan siap dinikmati. Tanpa susu, tanpa gula, segar dan menyehatkan. Harganya pun murah, antara 30-50 Baht (Rp 12.000-19.000) untuk satu gelas besar.

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Salah satu penjaja smoothie di Chiang Mai Night Bazaar, Chiang Mai, Thailand.

Meski jika Anda tak ingin wisata belanja atau pun kuliner, Chiang Mai Night Bazaar sangat wajib untuk didatangi. Suara para penjual barang dan makanan, hilir-mudik wisatawan, serta aroma makanan yang menyeruak di udara pasti membawa pengalaman tak terlupakan.

Jika tak membawa mata uang Baht, terdapat Money Changer di dekat 7Eleven dan McDonalds. Sepanjang Chang Khlan Road juga terdapat banyak hotel untuk menginap, salah satunya Dusit Princess. KompasTravel menginap di hotel berbintang empat ini, dengan akses langsung ke Night Bazaar di depan bangunannya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X