Panduan Lengkap "Traveling" ke Chiang Mai, Thailand

Kompas.com - 30/09/2016, 09:11 WIB
Chiang Mai Night Bazaar di Chiang Mai, Thailand. Pasar malam ini buka setiap hari dan selalu jadi favorit wisatawan. KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRIChiang Mai Night Bazaar di Chiang Mai, Thailand. Pasar malam ini buka setiap hari dan selalu jadi favorit wisatawan.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

CHIANG MAI, KOMPAS.com - Chiang Mai adalah provinsi di utara Thailand dengan ibu kota bernama sama. Sebagai bekas ibu kota Kerajaan Lan Na, yang berdiri pada abad ke-13 sampai abad ke-18 Masehi.

Chiang Mai punya kawasan kota tua yang dikelilingi tembok dan parit besar. Di dalamnya terdapat 22 kuil dan pagoda berlapis emas, tersebar di antara bangunan-bangunan tua yang "disulap" menjadi galeri seni serta kafe cantik.

Chiang Mai Night Bazaar adalah pasar malam yang buka setiap hari. Pasar ini memanjang 1 kilometer di Chang Khlan Road, tepat di pusat kota. Anda bisa belanja suvenir sampai mencicipi aneka kuliner khas Thailand bagian utara.

Intinya, dibanding Bangkok, Chiang Mai adalah kota yang lebih laid back dengan penduduk yang lebih ramah dan santai. Atas undangan dari Tourism Authority of Thailand (TAT), KompasTravel berkunjung ke Chiang Mai beberapa waktu lalu. Berikut panduan lengkap untuk berkunjung ke charming city ini. 

Transportasi

Ada dua alternatif transportasi menuju Chiang Mai, yakni jalur udara dan darat. Chiang Mai International Airport (CNX) melayani penerbangan domestik dan internasional. Dari Jakarta, penerbangan menuju Chiang Mai akan transit di Bangkok.

Jika lewat jalur darat dari Bangkok, naiklah bus malam dari Mo Chit Terminal. Anda akan naik bus double decker yang nyaman, dengan pelayanan ala pesawat. Perjalanan naik bus memakan waktu 12 jam.

Selain bus, tersedia pula kereta dari Bangkok dengan lama perjalanan sekitar 14-16 jam. Kereta akan berhenti di beberapa tempat, sehingga memakan waktu lebih lama dibanding bus. Ada baiknya Anda memilih overnight sleepers sehingga bisa beristirahat di malam hari.

Angkutan umum

Layaknya di kota-kota lainnya di Thailand, angkutan umum paling populer tentu saja tuk-tuk. Anda bisa menemukannya di berbagai sudut Kota Chiang Mai. Harga untuk perjalanan jarak dekat sekitar 50-100 Baht (Rp 18.000-32.000), dan untuk jarak jauh sekitar Rp 120-150 Baht (Rp 45.000-56.000).

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Tuk tuk, salah satu transportasi umum khas Thailand.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X