Kompas.com - 30/09/2016, 11:02 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

TERNATE, KOMPAS.com - Lomba mancing Morotai atau Fishing Morotai 2016 di Kabupaten Pulau Morotai yang digelar, Kamis (29/9/2016) berhasil menyabet rekor dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) untuk kategori lomba mancing dengan menggunakan kapal nelayan terbanyak.

Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh senior Muri, Jusuf Ngadri kepada Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku Utara Buyung Radjiloen dan Pj Bupati Pulau Morotai Syamsuddin A. Kadir.

Jusuf Ngadri mengatakan bahwa data dari Muri mencatat ada banyak rekor yang diraih setiap tahun. Namun untuk lomba mancing sangat jarang.

“Di tahun 2015 saja ada sekitar 500 lebih rekor Muri yang diraih. Itu berarti dalam sehari bisa dikatakan ada 2 rekor Muri tapi untuk di lomba mancing ini sangat sedikit, dan ini yang pertama di Indonesia dan itu di Maluku Utara lomba mancing dengan menggunakan kapal nelayan terbanyak,” kata Jusuf.

Rekor Muri untuk lomba mancing hanya beberapa kategori di antaranya lomba mancing dengan peserta nelayan terbanyak serta lomba mancing dengan jumlah hasil tangkapan terbanyak.

Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba berharap lomba mancing ini tidak hanya dilaksanakan di Kabupaten Pulau Morotai tapi juga dilaksanakan di beberapa kabupaten dan kota lainnya di Maluku Utara yang memiliki potensi keindahan alam.

“Saya harapkan ini akan menjadi agenda rutin bagi pehobi mancing. Ke depan tidak hanya 14 kapal nelayan tapi harus lebih dari itu,” katanya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku Utara, Buyung Radjiloen menambahkan, tahun 2017, lomba mancing rencana dilaksanakan di Pulau Widi, Kabupaten Halmahera Selatan.

KOMPAS.com/YAMIN ABD HASAN Sebanyak 116 peserta mengikuti lomba mancing di Morotai, Maluku Utara, Kamis (29/9/2016).
Lomba mancing Morotai ini, menurut Buyung, diikuti 116 peserta termasuk dari Taiwan, Malaysia dan Australia. Kelas yang dibuka pun bervariasi mulai dari kelas profesional, eksekutif dan umum.

Para pemancing ini akan berada di 20 titik spot yang telah ditentukan oleh panitia dan mereka akan berada di laut selama dua hari.

“Fishing Morotai 2016 ini selain bertujuan untuk optimalisasi pemanfaatan sumber daya ikan secara berkelanjutan sekaligus membantu pendapatan masyarakat khususnya para nelayan,” ujarnya.

Selain itu, tambah Buyung, melalui lomba mancing ini diharapkan sebagai magnet bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke Morotai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.