Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Kalbar Alokasikan Rp 80 Miliar untuk Sail Selat Karimata

Kompas.com - 30/09/2016, 16:12 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Perhelatan akbar Sail Selat Karimata tinggal menghitung hari. Gubernur Kalimantan Barat Cornelis pun optimistis perhelatan tersebut akan sukses digelar, karena persiapan panitia sudah mencapai 70 persen pada H-15.

Hal tersebut disampaikan Cornelis di sela-sela peninjauan infrastruktur dan area pelaksanaan event internasional itu bersama Bupati Kayong Utara Hildi Hamid dan Dinas PU Provisi serta Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Provinsi Kalbar, Kamis (29/8/2016) seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima KompasTravel.

“Hampir rampung, satu minggu lagi selesai,” ujar orang nomor satu di Kalbar itu.

Mengingat sail tersebut berskala dunia, Cornelis meminta dukungan masyarakat Kabupaten Kayong Utara agar menjaga kebersihan dan keamanan serta kenyamanan pengunjung, apalagi ini dikunjungi orang luar, orang datang pasti berbelanja, sehingga produk-produk lokal khas daerah di Kalbar diharapkan bisa ditampilkan juga.

“Masyarakat harus dukung, supaya kebersihan juga dijaga, keamanan dan kenyamanan pengunjung dijaga," ujarnya. Terkait persiapan, Cornelis menjelaskan bahwa puncak Sail Karimata akan dilaksanakan di Pantai Pulau Datok Sukadana.

ARSIP HUMAS PEMKAB KAYONG UTARA Salah satu pesona keindahan di perairan Pulau Karimata, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.
Untuk tenda sudah berdiri, demikian juga dengan rumah transit Presiden Joko Widodo sudah 80 persen dikerjakan. Infrastruktur pendukung seperti jalan di kota Sukadana juga sudah hampir selesai dikerjakan, demikian juga tata kotanya.

Wujud dukungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat terhadap pelaksanaan Sail Selat Karimata dengan pengalokasian anggaran sekitar Rp 80 miliar yang diambil dari APBD Kalbar.

"Walaupun kondisi keuangan Kalimantan Barat tidak stabil namun ini kerja nyata pemerintah daerah mendukung acara berskala internasional tersebut. Anggaran itu pun dari APBD Kalimantan Barat," kata Cornelis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com