Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Coba Deh… Kemping Asyik di Pulau Perak

Kompas.com - 30/09/2016, 20:31 WIB
Reza Pahlevi

Penulis

KOMPAS.com – Bayangkan Anda mendirikan tenda di pulau kecil dengan posisi menghadap ke bibir pantai. Pasir putih yang bersih berkilau, angin laut, serta deburan ombak bisa dengan mudah Anda nikmati. Kolaborasi yang benar-benar sempurna.

Ya, suasana kemah di pinggir pantai memang berbeda dengan di pegunungan. Namun, perlengkapan kemping di dua tempat tersebut sebenarnya sama saja. Anda tetap mesti membawa tenda, nesting atau peralatan masak, terpal, dan kompor.

Nah, untuk mengawali pengalaman kemping di pulau kecil dekat bibir pantai, Anda bisa mencoba spot yang terdekat dulu. Pulau Perak di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, salah satunya.

Perjalanan menuju Pulau Perak cukup mudah. Anda bisa berangkat dari dermaga Muara Angke atau Kali Adem, Jakarta Utara, menuju Pulau Harapan dengan moda transportasi laut selama kurang lebih tiga jam.

Dari Pulau Harapan, barulah Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pulau Perak dengan menyewa kapal kecil atau yang biasa disebut “ojek” perahu. Tidak ada tarif resmi untuk moda transportasi ini sehingga Anda bisa mencoba menawar harga sewa perahu.

Sebelum sampai ke Pulau Perak, tepatnya di dekat Pulau Gosong, Anda bisa berhenti dan mencoba snorkeling. Anda bisa melihat lebih dekat keanekaragaman terumbu karang dan ikan-ikan kecil lokasi tersebut.

KOMPAS/LASTI KURNIA Hamparan berbagai jenis terumbu karang hasil budidaya di lokasi yang disebut Padang Nemo dirawat dan dibersihkan kelompok masyarakat anggota Areal Perlindungan Laut (APL), di Gosong Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, beberapa waktu lalu. Areal gosong pasir yang diubah menjadi lahan pengembangan ragam jenis terumbu karang kini memiliki lebih dari 600 spesies dan akan dibuka untuk wisata berbasis konservasi.

Akan tetapi, hati-hati jangan sampai Anda lupa waktu karena terlalu lama ber-snorkeling. Kalau bisa, sebelum matahari tenggelam Anda sudah sampai agar bisa menikmati sunset terbaik di Pulau Perak.

Tidak hanya Pulau Perak, Kepulauan Seribu juga memiliki pulau kecil lain yang layak dikunjungi, seperti Pulau Semak Daun, Pulau Payung, dan Pulau Bulat.

Setara Maladewa

Kepulauan Seribu memang cantik. Alam bawah lautnya kaya. Lokasinya pun dekat dari daratan Jakarta, hanya 1-2 jam perjalanan menggunakan kapal motor cepat.

Selain itu, “kerajaan” bawah lautnya tidak kalah indah. Bahkan, terumbu karang yang dimiliki di Kepulauan Seribu disebut-sebut setara dengan Maladewa. Lebih dari 600 spesies terumbu karang tertanam di sekitar Kepulauan Seribu.

Tak hanya terumbu karang, ikan-ikan kecil nan lucu terdapat di kepulauan tersebut. Namun, jangan bermimpi bisa dengan mudah menangkap ikan langsung memakai tangan. Ikan berukuran satu jari ini gerakannya gesit dan lincah.

Agar bisa sangat dekat dengan ikan-ikan itu, Anda cukup mengenggam remah roti di dalam air. Dengan sendirinya, ikan-ikan pun akan menghampiri tangan Anda.

ARSIP KOMPAS TV Ikan badut (clown fish) di perairan Pulau Macan, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Kalau Anda pernah menonton film animasi Finding Nemo dan Finding Dory, ikan-ikan di perairan ini akan terasa familiar. Karakter Nemo sebenarnya adalah ikan hias sejenis clown fish atau ikan badut, sedangkan karakter Dory merupakan jenis blue tang atau ikan hias berwarna biru.

Tak hanya dua ikan itu, Anda juga bisa melihat anemone—sejenis hewan laut—yang bisa menari di antara ikan lainnya. Lalu, Anda juga bisa menjumpai kima atau siput raksasa.

Dengan kekayaan taman lautnya, wajar saja kini pemerintah mengatur strategi untuk mendorong sektor pariwisata di Kepulauan Seribu.

Bahkan, dari jauh-jauh hari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau "Ahok" sudah berencana bakal mengembangkan Kepulauan Seribu menjadi kawasan pariwisata berstandar internasional.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com