Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Sejarah Tenggelamnya Kapal HMAS Sydney II dari Geraldton

Kompas.com - 30/09/2016, 21:10 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

KOMPAS.com - Melancong ke Australia tak melulu hanya menikmati keindahan alam atau mencari Kangguru liar. Berlibur juga bisa sambil mempelajari sejarah. Sekitar 400 kilometer ke arah utara Kota Perth, Australia Barat, kota bisa menemukan sebuah kota kecil dengan 30.000 penduduk yang bernama Geraldton.

Geraldton boleh jadi dikenal para turis dengan ombaknya yang menantang untuk surfing dan kite surfing atau untuk sekadar bersantai sambil memancing ikan. Namun, di kota tersebut ada pula sebuah monumen yang bisa membuat kita mengenang 645 awak kapal HMAS Sydney II yang kehilangan nyawa pada Perang Dunia II.

Saat itu, akhir September 2016 saya melancong ke Geraldton. Saya pun menyempatkan diri mengunjungi HMAS Sydney II Memorial. Karena letaknya yang berada di ketinggian, angin di sana sangat kencang dan dinginnya menusuk tubuh. Oleh karena itu, bagi yang ingin mengunjungi memorial pada malam hari dan saat cuaca dingin, disarankan untuk memakai pakaian tebal.

HMAS Sydney II Memorial di Geraldton pada Mei 2009 ditetapkan sebagai monumen nasional oleh pemerintah Australia. Monumen yang didesain oleh Joan Walsh-Smith dan Charles Smith tersebut terdiri dari beberapa bagian.

KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Puncak The Dome of Souls pada HMAS Sydney II Memorial di Geraldton, Australia Barat.
Memasuki gerbang memorial, kita akan menemukan The Dome of Souls atau Kubah Para Jiwa yang terinspirasi dari para korban tenggelamnya HMAS Sydney II. Pinggiran kubah terdiri dari ukiran perak sekawanan burung camar yang dibuat seolah terbang mengerumuni matahari.

Adapun jumlah keseluruhan burung tersebut adalah 645 ekor. Sesuai jumlah awak kapal yang meninggal. Burung merupakan simbol jiwa dari kematian, kebebasan jiwa dari tubuh, pergerakan menuju surga dan kemampuan berbicara dengan Tuhan.

Burung-burung camar itu pun dianggap sebagai wujud dari para awak kapal yang mati tenggelam. Kubah burung tersebut berdiri setnggi 9 meter dengan diameter lingkaran 12 meter. Saat disinari cahaya, kubah tersebut akan menciptakan efek distilasi cahaya yang cantik bak merefleksikan lautan yang berkilau.

Tujuh pilar terpancang untuk menyanggah The Dome of Souls. Tujuh melambangkan negara bagian dan teritorial Australia serta simbol tujuh benua. Selain itu, pilar-pilar tersebut juga melambangkan kebijaksanaan, kekuatan, kemampuan, dan kebaikan.

KOMPAS.com/Nabilla Tashandra The Dome of Souls pada HMAS Sydney II Memorial di Geraldton, Australia Barat.
Dipayungi The Dome of Souls terdapat sebuah podium dengan bahan granit hitam yang bertuliskan: "In Memory of The Men Lost on HMAS Sydney II, 19th November 1941. Lest We Forget."

Di podium terdapat sebuah altar yang berbentuk seperti bunga dengan empat kelompak. Sedangkan di pusatnya terdapat bagian kosong yang disediakan untuk keperluan seremonial, misalnya untuk meletakkan bunga.

Tak jauh dari The Dome of Souls, dibentuk sebuah Pool of Remembrance atau Kolam Ingatan. Kolam tersebut merupakan simbol laut sedalam 2.500 meter yang menenggelamkan HMAS Sydney II. Pada dasar kolam, dibentuk sebuah peta yang menunjukkan lokasi tenggelamnya kapal.

Di tengah kolam terdapat patung burung camar setinggi 2 meter dengan ujung sayapnya menunjuk kepada peta. Titik tempat kapal tersebut tenggelam. Dekat dari kolam, dibangun patung wanita yang menggambarkan seorang wanita yang menyaksikan pria yang dicintainya tenggelam bersama HMAS Sydney II.

KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Pool of Remembrance pada HMAS Sydney II Memorial di Geraldton, Australia Barat.
Sementara itu di sekeliling kubah terdapat dinding peringatan yang bertuliskan nama 645 awak kapal HMAS Sydney II. Dinding tersebut terbelah untuk pintu masuk pengunjung dan membuatnya menjadi dua bagian terpisah.

Saran lainnya, memorial tampak jauh lebih cantik di malam hari. Sebab, pancaran lampu LED memberikan efek dramatis kepada bagian-bagian dari monumen itu. Dengan cahaya-cahaya keemasan yang terpancar dari Memorial, aura duka dan sakral pun terpancar. Dari ketinggian, pengunjung juga bisa menikmati keindahan lampu-lampu Kota Geraldton. Jadi, tertarik menengok sejarah tenggelamnya HMAS Sydney II?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com