Kompas.com - 02/10/2016, 07:23 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Jika anda berkunjung ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, jangan lupa untuk mencicipi kerenyahan kerupuk getas dan ampiang yang diproduksi secara home industry (industri rumah tangga).

Getas maupun ampiang merupakan penganan renyah yang tidak hanya memanjakan lidah tapi juga mengandung protein tinggi.

Getas yang berbentuk bulat panjang, bahan bakunya berasal dari ikan segar. Sementara ampiang yang berbentuk oval, ada yang berbahan ikan dan ada juga yang berbahan cumi.

Produksi beraneka jenis kerupuk tersebut, salah satunya bisa anda temukan di Desa Kurau Barat, Kabupaten Bangka Tengah. Seperti usaha yang dilakoni Buk Intan yang telah berjalan selama hampir tiga tahun.

KOMPAS.COM/HERU DAHNUR Kerupuk getas yang siap dikonsumsi sesudah dikemas. Wisatawan bisa menemukan kerupuk getas sebagai oleh-oleh di Desa Kurau Barat, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung.
Dibantu enam orang ibu-ibu rumah tangga, usaha Buk Intan mampu memproduksi sebanyak 50 kilogram kerupuk setiap minggunya.

Usaha Buk Intan hanya memproduksi dua jenis kerupuk saja. Yakni kerupuk getas dan ampiang. Usaha ini terbilang laris, pesanan datang dari berbagai kalangan konsumen. Harga yang ditawarkan relatif terjangkau.

Untuk kemasan 250 gram, getas dan ampiang berbahan ikan dijual seharga Rp 25.000. Sementara ampiang berbahan cumi dijual sedikit lebih mahal yakni seharga Rp 30.000.

Proses pembuatan kerupuk ini tergolong mudah. Bahan baku seperti ikan dikerok menggunakan pisau dapur untuk selanjutnya dicampur dengan bahan-bahan lain seperti telur, garam dan tepung sagu.

KOMPAS.COM/HERU DAHNUR Kerupuk getas yang siap dikonsumsi. Wisatawan bisa menemukan kerupuk getas sebagai oleh-oleh di Desa Kurau Barat, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung.
Bahan-bahan yang telah berbentuk adonan kemudian dipotong-potong sesuai jenis kerupuk yang akan dibuat. Selanjutnya potongan-potongan bahan tersebut, akan berakhir di kuali penggorengan.

Kerupuk yang sudah jadi, selanjutnya dikemas sesuai permintaan konsumen. Tak lupa, label dipasang didalamnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.